Persepsi Orang Tua dan Guru dalam Menanamkan Disiplin Anak Usia Dini pada Pembelajaran Online
Abstract
Anak usia dini adalah sosok unik, dalam pembelajaran tatap muka di kelas dan
lingkungan sekolah anak selalu diperhatikan, dididik, dinasehati dan dicontohkan untuk
memiliki nilai karakter mulia. Namun dalam pembelajaran online hal itu mendapat perhatian
serius bahwa proses pembelajaran harus terus berjalan dan penanaman disiplin juga harus
terus diwujudkan, sehingga penelitian ini menarik untuk dilaksanakan. Tujuan penelitian ini
untuk mengetahui persepsi orang tua dan guru dalam menanamkan disiplin anak usia dini
pada pembelajaran online. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif dengan metode
survey, sampel ditetapkan secara purposive sampling dengan kriteria tertentu, yang
ditetapkan 38 orang menjadi responden adalah orang tua dan guru yang berada di provinsi
Kalimantan Timur. Instrumen diadaptasi dari berbagai sumber dan literatur dibuat dalam 13
item pertanyaan dengan skala Likert di buat dengan google form disebarkan pada bulan
oktober-november 2020. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa nilai-nilai karakter anak berupa
disiplin menjadi nilai utama bagi perilaku anak dan setiap manusia, dalam penelitian ini
persepsi orang tua dan guru dalam menanamkan disiplin anak usia dini dapat disimpulkan
dengan arti baik dan bahkan sangat baik pada item indikator tertentu. Saran penelitian
berikutnya diharapkan dapat menambahkan variabel sikap dan perilaku lainnya.
Collections
- Artikel Umum [155]