dc.description.abstract | ABSTRAK
Lailatul Hidayah, 2021. Pengaruh Kelekatan Orang Tua Pada Anak Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Rendah di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara. Skripsi, Prodi pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Mujahidah, M.Si sebagai pembimbing I dan Saipul Hadi, M.Pd.I sebagai pembimbing II.
Keterlibatan orang tua dalam setiap proses kehidupan anak akan memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangannya terutama pada proses belajar. Jika orang tua terbiasa memperhatikan, mengarahkan, mengontrol, dan memberikan d ukungan kepada anak, maka anak akan merasa dihargai oleh orang tua dan akan tumbuh motivasi yang kuat didalam dirinya. Dengan adanya kelekatan sehingga dapat menimbulkan adanya dorongan keinginan untuk belajar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kelekatan orang tua pada anak terhadap motivasi belajar siswa kelas rendah di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara.
Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif deskriptif, populasi dalam penelitian ini adalah 47 siswa yang terdiri dari tiga kelas yaitu I, II, dan III maka keseluruhan populasi di ambil sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang di dalam nya terdapat uji normalitas uji linearitas, dan uji hipotesis yang di dalam nya terdapat uji t dan koefisien determinasi.
Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan teknik analisis data uji hipotesis, kelekatan orang tua pada anak memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi belajar siswa kelas rendah di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara diketahui bahwa tingkat signifikasi sebesar 0,360 > 0,05 besarnya korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,780 sehingga dapat diketahui terdapat pengaruh dari kelekatan orang tua pada anak (X) terhadap motivasi belajar (Y) yang mana pada tabel interpretasi nilai rtabel berada pada kategori 60% – 79,9%. Terlihat dari nilai thitung > ttabel = 8,37 > 1,67 yang berarti terdapat pengaruh1kelekatan orang1tua pada anak terhadap1motivasi1belajar di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara. Besarnya kontribusi atau pengaruh kelekatan orang tua pada anak terhadap motivasi belajar di peroleh dari data koefisien determinasi R Square sebesar 60,7% sementara sisanya 39,3% mempengaruhi variabel lain yang belum termotivasi. | en_US |