Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Ananda Pitaloka Oktaviani, 2021. “Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Gianto, M.Pd dan Juhairiah, M.Pd. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kekreativitasan guru dalam pembelajaran tentunya memiliki peranan penting terutama pada masa pandemi virus covid-19. Salah satu pembelajaran yang dilakukan adalah pembelajaran daring. Pada pembelajaran daring, media pembelajaran sangat dibutuhkan guna membantu kegiatan belajar di rumah menjadi lebih efektif. Selain menggunakan media pembelajaran daring guru juga dituntut untuk dapat mengembangkan media pembelajaran daring. Perlunya dilakukan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui (1) Kreativitas guru di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Samarinda dalam mengembangkan media pembelajaran daring (2) Faktor penghambat dan pendukung guru dalam pengembangan media pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui tiga teknik tersebut kemudian diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kreadibilitas. Pelaksanaan kreadibilitas data menggunakan teknik triangulasi dan diskusi teman sejawat. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajiyan data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, bahwa Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Samarinda yaitu dengan cara: a) menambahkan ilustrasi gambar yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan; b) menggunakan background yang menarik pada video pembelajaran; c) menambahkan tulisan yang bergerak dan menarik siswa (animasi); d) guru tampil menjelaskan materi didalam video pembelajaran. Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Samarinda memiliki faktor penghambat dalam pengembangan media pembelajaran daring di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sullamul Hidayah Samarinda yaitu sebagai berikut: a) jaringan tidak stabil; b) kurangnya kemampuan guru dalam membuat video; c) waktu yang terbatas. Adapun faktor pendukung dalam pengembangan media pembelajaran daring yaitu sebagai berikut: a) memiliki aplikasi dalam pembuatan video; b) memiliki gawai yang mendukung; c) motivasi guru yang haus pengetahuan; d) sekolah menyediakan sarana dan prasarana berupa greenscreen, tripod dan wifi; e) motivasi dari kepala sekolah.