Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Motivasi Kerja Guru Di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda.
Abstract
ABSTRAK
Zudha Virnanda Putra, “Peran Kepala Sekolah Dalam Membangun Motivasi Kerja Guru Di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda. Skripsi, Samarinda”, 2021. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulis skripsi ini dibimbingan Dr. Siti Julaiha, S.Ag. M.Pd sebagai pembimbing I dan Fathur Rahman, M.Si sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda merupakan sekolah adiwiyata dan menjadi juara sekolah sehat tingkat kecamatan samarinda seberang. Kepala sekolah memberikan reward (penghargaan) berupa tunjangan dan penghargaan sehingga guru termotivasi untuk memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan semangat dalam bekerja selain itu juga punishment (hukuman) diberlakukan. Dengan adanya ancaman yang diberikan oleh kepala sekolah maka guru yang ada di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda termotivasi untuk semangat dalam menjalankan tugasnya. Semua diberlakukan demi tercapainya visi, misi, dan tujuan sekolah. Kepala sekolah harus memiliki kemampuan untuk memberikan motivasi kepada guru agar tujuan yang diinginkan sekolah tercapai.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan model Miles And Huberman yakni kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi.
Hasil penelitian tentang peran kepala sekolah dalam membangun motivasi kerja guru di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda kepala sekolah menjalankan perannya sebagai educator dengan cara kepala sekolah selalu memberikan edukasi, menjaga komunikasi dan menyiapkan fasilitas yang memadai untuk guru. Peran kepala sekolah sebagai manajer kepala sekolah membuat peraturan kedisiplinan waktu. Peran kepala sekolah sebagai administrator kepala sekolah selalu menjalankan administrasinya dengan baik. Peran kepala sekolah sebagai supervisor kepala sekolah selalu mengawasi guru secara langsung dalam mengerjakan tugasnya. Peran kepala sekolah sebagai leader kepala sekolah memberikan reward, penghargaan dan upah atau gaji kepada guru. Peran kepala sekolah sebagai inovator kepala sekolah selalu memberikan arahan kepada guru untuk mengikuti seminar, workshop dan pelatihan. Peran kepala sekolah sebagai motivator kepala sekolah memotivasi guru untuk selalu mengupgrade dirinya dan meningkatkan potensi yang dimilikinya dengan cara mengikuti seminar, workshop dan pelatihan.
Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Motivasi, Guru