Toggle navigation
Browsing E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam by Subject
Repository Home
E-Skripsi
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
Browsing E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam by Subject
Repository Home
E-Skripsi
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam
Browsing E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam by Subject
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.
Browsing E-Skripsi - Manajemen Pendidikan Islam by Subject
0-9
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z
0-9
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
M
N
O
P
Q
R
S
T
U
V
W
X
Y
Z
Go
Order:
ascending
descending
Results:
5
10
20
40
60
80
100
Update
Now showing items 1-20 of 372
ascending
descending
5
10
20
40
60
80
100
Subject
Absensi Sidik Jari, Fingerprint, Disiplin Siswa, SMKN 7 Samarinda, Manajemen Pendidikan.
[1]
ADMINISTRASI SEKOLAH
[2]
Adversity Quotient, Anak Bermasalah Hukum, Panti Sosial, Fenomenologi, UPTD Bina Remaja.
[1]
Akhlakul karimah, Bimbingan Guru, Tunagrahita
[1]
Akidah Akhlak Perilaku Sosial Pembelajaran
[1]
Alumni, Kinerja, Organisasi Internal
[1]
Analisis SWOT, Brand Image
[1]
Analisis SWOT, Manajemen, Pendidikan Karakter.
[1]
Analisis SWOT, prestasi non akademik, ekstrakurikuler, sekolah dasar, manajemen pendidikan Islam.
[1]
Barang sitaan, tanggung jawab kepolisian, hukum positif, fikih siyasah, Siyasah Dusturiyah.
[1]
Branding Image
[1]
Budaya Kerja, Kinerja Pegawai
[1]
Budaya Sekola, Peran Kepala Sekolah
[1]
Disiplin, Bimbingan dan Konseling, Mutu Layanan
[1]
Disiplin, Pegawai, Tata Usaha
[1]
Dukungan sosial, kepercayaan diri, public speaking, mahasiswa KPI, UINSI Samarinda.
[1]
Efektivitas, Pelaksanaan, Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)
[1]
Ekstrakurikuler Kaligrafi, Kreativitas Peserta Didik
[1]
Ekstrakurikuler, Rohani Islam, Karakter Religius
[1]
Elsa Safira, 2024. “Manajemen Tenaga Pendidik di SMK TI Labbaika Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh pembimbing I Prof. Dr. H. Mukhammad Ilyasin, M.Pd dan pembimbing II Wildan Saugi, M.Pd. Manajemen tenaga pendidik merupakan suatu proses yang sangat krusial dalam dunia pendidikan. Ini adalah serangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengelola seluruh aspek yang berkaitan dengan guru atau tenaga kependidikan, mulai dari perekrutan, pengembangan, hingga pemberhentian. Meskipun sejumlah penelitian telah menunjukkan manajemen tenaga pendidik terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, namun masih terbatas penelitian yang menjelaskan manajemen tenaga pendidik dilihat dari ruang lingkupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mulai dari perencanaan, pengadaan rekrutmen pegawai, pembinaan dan pelatihan, promosi dan mutasi, pemberhentian pegawai, kompensasi, dan penilaian pegawai di SMK TI Labbaika Samarinda. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini ialah wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru bahasa Indonesia, dan guru produktif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun teknik analisis data menggunakan Interaktif Simbolik yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen tenaga pendidik di SMK TI Labbaika Samarinda dimulai dari: 1) perencanaan pegawai dalam hal ini menentukan kebutuhan sumber daya manusia yang dibutuhkan dengan melihat kompetensi atau keahlian yang dimiliki dan membentuk tim seleksi. 2) pengadaan rekrutmen membuka lowongan pekerjaan melalui media online dan offline, syarat melamar harus S1 namun sebelum melakukan penerimaan tenaga pendidik, dilakukan seleksi melalui ujian lisan, tulisan, dan praktik untuk menentukan kebutuhan sumber daya manusia. 3) pembinaan dan pelatihan, melaksanakan In House Training dan MGMP. 4) promosi dan mutasi, sekolah tidak pernah ada tenaga pendidik yang dimutasikan. Biasanya guru yang mengajukan untuk dimutasi ke sekolah lain. Lalu untuk promosi kriterianya sendiri yaitu dilihat dari kinerja guru tersebut. 5) pemberhentian pegawai, melalui proses bertahap seperti pemanggilan dan bersurat. Namun sekolah tidak pernah memberhentikan guru karena sekolah sebelumnya sudah melakukan seleksi dari penerimaan calon guru. 6) kompensasi, pegawai harus lebih banyak mengajar di kelas dan mengikuti kegiatan yang ada di sekolah yang di antaranya menjadi guru pembimbing. 7) penilaian pegawai, dilihat secara langsung bagaimana pengelolaan kelas, keterampilan komunikasi dengan siswa dan orang tua, serta kemampuan untuk merancang dan menerapkan rencana pelajaran yang efektif.
[1]
Search DSpace
This Collection
Browse
All of DSpace
Collections
By Issue Date
Authors
Titles
Subjects
This Collection
By Issue Date
Authors
Titles
Subjects
My Account
Login
Register