Problematika Pembelajaran IPA dimasa pandemi Covid19 Pada Kelas 4 SD Negeri 007 Muara Muntai
Abstract
ABSTRAK
Irmawati, 2021. “Problematika Pembelajaran IPA dimasa pandemi Covid19 Pada Kelas 4 SD Negeri 007 Muara Muntai”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd. dan Abdul Razak, M.Pd.
Problematika Pembelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19 Pada Kelas 4 SDN Negeri 007 Muara Muntai. Guru, orang tua siswa dan peserta didik dihadapkan dengan beradaptasi belajar mengajar di masa pandemi ini. pembelajaran yang biasa dilaksankan di sekolah sekarang dialihkan menjadi pembelajaran daring dan dibawah pengawasan orang tua dengan sistem penugasan dari guru. Namun para guru tidaklah mudah karna terdapat beberapa masalah dalam pembelajaran IPA seperti proses pembelajaran, terkendala jaringan yang tidak stabil, penggunaan media dan metode, keterbatasan waktu,interaksi antara guru dan siswa, penggunaan kurikulum. Permasalahan yang timbul dapat menyebabkan kurang efektifnya proses pembelajaran IPA di kelas 4. Perlunya dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dalam (1) Problematika pembelajaran IPA dimasa Covid-19 pada kelas 4 SD Negeri 007 Muara Muntai. (2) Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran IPA dimasa Covid19.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan meliputi redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan . terakhir pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Dari analisis data yang diperoleh hasil penelitian pembelajaran di SDN 007 Muara Muntai. (1) pada proses pembelajaran IPA, guru kelas 4 SDN 007 Muara Muntai mengalami beberapa masalah diantaranya: pertama, masalah proses pelaksanan pembelajaran. Kedua, masalah penggunaan media dan metode. Ketiga, masalah penggunaan kurikulum K13. Keempat, masalah waktu. Kelima, masalah berinteraksi antar siswa dan guru. Keenam,masalah keterbatasan jaringan. (2) Upaya guru dalam mengatasi problematika pembelajaran IPA dimasa Covid19 yaitu: Pertama,guru berupaya untuk tetap menggunakan kurikulum K13. Kedua, Upaya guru dalam megatasi proses pembelajaran yaitu dengan mmberikan motivasi agar siswa semangat dalam memulai belajar hingga membuat susana belajar menjadi seru. Ketiga, Upaya guru dalam mengatasi menggunkan kurikulum K13 yaitu hanya sebagian menggunakan dalam aturan kurikulum K13. Keempat, Upaya guru dalam mengatasi dalam hal waktu yaitu memberikan siswa mengerjakan tugas apabila sudah diselesaikan tugas, tanpa batasan waktu yang ditentukan. Kelima, Upaya guru mengatasi dalam berinteraksi yaitu dengan video call bergantian. Keenam, Upaya guru mengatasi jaringan yaitu dengan memerlukan jaringan yang kuat agar lancar dalam belajar.