dc.description.abstract | ABSTRAK
Rafiatul Lathifah SeptiaAini, 2021. “Manajemen Kelas Di SMP Terbuka 8 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini di bimbing oleh bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag dan bapak Dr.Akhmad Muadin,M.Pd
Latar belakang dari penelitian ini bahwa manajemen kelas merupakan suatu usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana pembelajaran yang efektif dan menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki peserta didik tersebut. Sehingga, kepala sekolah serta guru berperan aktif dalam mengawasi dan melaksanakan manajemen kelas agar efektif dan efisien di SMP Terbuka 8 Samarinda. Selain itu, SMPN 8 juga mempunyai sekolah terbuka Tempat Kegiatan Belajar (TKB), hal ini dilakukan karena menjalankan program pendidikan dari pemerintah karena tidak tertampung di sekolah negeri yang lain. Sehingga SMPN 8 yang memfasilitasi kebutuhan belajar mengajarnya. Dan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kelas di SMP Terbuka 8 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan studi dokumentasi, dengan sumber data sekundernya yaitu kepala sekolah dan guru/wali kelas. Dengan penggunaan teknik analisis data yang melalui tahap Data Condensation, Data Display, dan Drawing and Verifying Conclusions.
Hasil dari penelitian yang telah ditemukan bahwa dari segi perencanaan manajemen kelas di SMP Terbuka 8 telah di rencanakan dengan penuh harapan saat melaksanakan rapat antara kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan wali kelas. Mulai dari strategi dalam melaksanakan manajemen kelas sampai pemenuhan administrasi kelas. Kepala sekolah memberikan hak kepada wali kelas dalam pengelolaannya serta penyelesaian masalah dalam kelas tersebut. Kemudian, di samping wali kelas bertanggung jawab penuh atas kelas tersebut, ada organisasi kelas juga yang membantu dalam manajemen kelas serta pengelolan administrasi kelas tersebut. Pelaksanaan manajemen kelas di SMP Terbuka, sama seperti manajemen kelas yang ada pada kelas reguler. Namun, perbedaannya di TKB Balik Buaya pelaksanaan pembelajarannya hanya dilakukan pagi hari. Dan di TKB Pondok Pesantren Darul Hanan ada penambahan kurikulum keagamaan. Untuk pengawasan (evaluasi) manajemen kelas di SMP Terbuka 8 berwujud evaluasi proses pembelajaran dan evaluasi hasil pembelajaran juga sama seperti kelas reguler lainnya. | en_US |