Upaya Guru Kelas Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta didik Kelas V di SDIT Ma‟arif Sepaku Penajam Paser Utara
Abstract
ABSTRAK
Hermin Nur Indah Sari 2021. “Upaya Guru Kelas Dalam Menanamkan Karakter Religius Peserta didik Kelas V di SDIT Ma‟arif Sepaku Penajam Paser Utara”. Skripsi, jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiah Dan ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M.Pd selaku pembimbing I dan Saipul Hadi, M.Pd.I selaku pembimbing II.
Sebagian Besar peserta didik SDIT Ma‟arif Sepaku Penajam Paser Utara memiliki karakter religius yang tercermin dari perilaku, perkataan, ketertibannya dalam mentaati peraturan sekolah serta melaksanakan kewajibannya sebagai seorang muslim. Akan tetapi beberapa diantara peserta didik di SDIT Ma‟arif Sepaku Penajam paser Utara masih belum mencerminkan perilaku religius hal itu terlihat dari perilaku peserta didik melakukan pelanggaran dan memberanikan diri untuk berbohong agar tidak melaksanakan program dan peraturan yang ditetapkan. Informasi tersebut didapat melalui kegiatan observasi dan wawancara dengan kepala sekolah SDIT Ma‟arif. Berangkat dari fenomena tersebut, maka peneliti ingin mengetahui upaya apa yang dilakukan dalam penanaman karakter religius pada peserta didik.
Penelitian ini dilakukan di SDT Ma‟arif Sepaku Penajam paser Utara dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data dilakukan melalui: (1) Wawancara mendalam; (2) Observasi dan (3) Dokumentasi. Adapun pemilihan informan penelitian menggunakan tehnik purposive dipadukan dengan “Snowball sampling”. Data yang terkumpul melalui ketiga tehnik tersebut diatas kemudian diperiksa keabsahannya dengan pengecekan kredibilitas. Pelaksanaan pengecekan kredibilitas data menggunakan trianggulasi. Setelah dilakukan pemeriksaan keabsahannya, data dianalisis dengan cara: (1) Reduksi data; (2) Penyajian data; (3) Penarikan kesimpulan.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) upaya yang digunakan guru kelas dalam menanamkan karakter religius peserta didik kelas V SDIT Ma‟arif yaitu dengan menerapkan metode pembiasaan, metode keteladanan, dan motivasi. Pembiasaan yang diterapkan diantaranya pembiasaan sholat dhuha dan sholat dhuhur berjama‟ah, pembiasaan salam dan salim, pembiasaan berdo‟a sebelum memulai pembelajaran, pembiasaan membaca dan menghapal Al-qur‟an secara rutin, pembiasaan infak setiap hari jum‟at. Keteladanan dilaukan dengan guru salam dan salim ketika bertemu dengan sesama guru.Berperilaku, berpakain dan berbicara sesuai ajaran agama Islam, mengikuti kegiatan pembiasaan yang diterapkan. Motivasi diberikan melalui kultum singkat setelah sholat berjamaah, memberikan nasihat ketika berbuat kesalahan, memberikan hukuman yang mendidik. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal.