Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Akreditasi di SMA Negeri 6 Samarinda
Abstract
Dyah Ayu Safitri, 2019. “Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Akreditasi di SMA Negeri 6 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Samarinda.” Penelitian ini dibimbing oleh BapakDr. Much. Eka Mahmud, M.Ag dan BapakDr. Suratman, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan akreditasi di SMA Negeri 6 Samarindaakreditasi sebelumnya di SMA Negeri 6 Samarinda tahun 2016 akreditasinya A, maka strategi kepala sekolah di SMA Negeri 6 Samarinda untuk meningkatkan sekolah lebih baik dan mengatur semua jalannya program semuanya, saat ini SMA Negeri 6 Samarinda setelah melakukan peningkatan akreditasi di tahun 2016 akreditasinya A- karena adanya pengurangan nilai pada sarana prasarana yang masih ada yang kurang seperti penangkal petir yang masih belum terpasang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatannya bersifat deskriptif . pengumpulan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah triangulasi dengan alur; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan terhadap data yang diperoleh pada saat penelitian.
Hasil penelitian diatas maka diketahui bahwa strategi kepala sekolah dalam Meningkatkan Akreditasi di SMA Negeri 6 Samarinda lebih cenderung pada perbaikan sarana prasaran dan stekholder yang ada di SMA Negeri 6 Samarinda yang harus dipenuhi dan pendukung untuk meningkatkan akreditasi. Adapun kepala sekolah berusaha untuk mengadakan sarana prasarana, dengan berbagai sumberdana dari luar kalimantan. Sebab kepala sekolah merupakan salah satu pemimpin yang ada disekolah dengan adanya kepala sekolah maka semua sistem akan berjalan dengan lancar salah satunya adalah meningkatkan akreditasi SMA Negeri 6 Samarinda dalam meningkatkan akreditasi sekolah, terdapat faktor yang mendukung dan menghambat jalannya startegi kepala SMA Negeri 6 Samarinda yaitu faktor pendukungnya adalah kerjasama antara kepala sekolah dan stekhorder sekolah agar dapat mencapai suatu visi.misi,dan tujuan sekolah, sedangkan faktor penghambat yaitu adanya kurang kadang komunikasi antara kepala sekolah dan stekhorder sekolah yang membuat terkadang tidak berjalan sesuai program dan sistem yang ada di SMA Negeri 6 Samarinda.