Show simple item record

dc.contributor.authorFernanda, Aditya
dc.date.accessioned2022-01-24T01:48:44Z
dc.date.available2022-01-24T01:48:44Z
dc.date.issued2021-12-20
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1059
dc.description.abstractABSTRAK Aditya Fernanda, 2021 “Pengaruh Kualitas Informasi, Harga, dan Kemudahan Terhadap Pembelian Impulsif dalam Belanja Online Menurut Perspektif Islam (Studi Kasus di Kecamatan Loa Janan Ilir)”. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bambang Iswanto MH dan Hj.Kokom Komariah S.P,.M.Si. Pesatnya perkembangan internet membawa dampak yang signifikan dalam kehidupan sehari-hari, salah satu dampak signifikan adalah pada perubahan konsumsi masyarakat yang banyak menggunakan online shop dalam berbelanja. Belanjaonlinememberikan fasilitas dan penawaran yang cukup memudahkan dan memanjakan pelanggan yang sedang berbelanja. Dimulai dari informasi yang mudah didapat, harga terjangkau, dan berkualitas, dan kemudahan bertransaksi, tanpa harus bertemu penjual, dan fleksibel. Namun akibat dari perubahan tersebut membuat masyarakat melakukan pembelian online tidak sadar atau terencana (Impulsif) dan pada akhirnya terjadi pembelian berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas informasi, harga, dan kemudahan terhadap pembelian impulsif dalam belanja online. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data responden sebanyak 100 orang, didapat dari penyebaran kuesioner pada google form yang disebarkan kepada masyarakat Kecamatan Loa Janan ilir. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik purposive sampling. Pengujian analisis data menggunakan SPSS Statistics 25, dengan teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi, analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi, uji f,dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian besarnya koefisien determinasi dari ketiga variabel independen hanya mampu menjelaskan sebesar 10,4% dari variabel dependen. Sedangkan sisanya 89,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini. Dari hasil uji F (Simultan) analisis menyatakan bahwa variabel kualitas informasi (X1), harga (X2), dan Kemudahan (X3) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap pembelian impulsif (Y), terlihat dari F hitung 4,823 > F tabel 2,698dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05.Dari hasil uji t (Parsial) hanya kedua variabel yang berpengaruh positif secara parsial dan signifikan terhadap pembelian impulsif yaitu variabel harga (X2), terlihat dari t hitung 3,093 > t tabel 1,984 dan signifikansi harga 0,003 < 0,05, dan kemudahan (X3) terlihat dari t hitung 3,161 > t tabel 1,984 dan signifikansi kemudahan 0,002 < 0,05. Sedangkan variabel kualitas informasi (X1) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pembelian impulsif terlihat dari, t hitung - 1,002 < t tabel 1,984 dan signifikansi kualitas informasi 0,319 > 0,05 KataKunci: Pembelian Impulsif, Kualitas Informasi, Harga, dan Kemudahanen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPembelian Impulsif, Kualitas Informasi, Harga, dan Kemudahanen_US
dc.titlePengaruh Kualitas Informasi, Harga, dan Kemudahan Terhadap Pembelian Impulsif dalam Belanja Online Menurut Perspektif Islam (Studi Kasus di Kecamatan Loa Janan Ilir)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record