dc.description.abstract | ABSTRAK
Ainun Ulviani 2021. “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Demonstrasi Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Minat Belajar Siswa SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Falkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Suratman, M.Pd selaku pembimbing I dan Ishmatul Maula, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya minat belajar matematika yang disebabkan dari pengunaan metode ceramah dalam pembelajaran matematika. Metode ceramah yang biasa digunakan guru menyebabkan siswa merasa bosan dan kesusahan memahami materi pembelajaran ketika daring. Akibatnya siswa merasa jenuh dan lebih memilih bermain games dan tidak terlalu mendengarkan guru. Upaya yang dilakukan guru sekolah SD Islam Al-Azhar adalah mengubah metode pembelajaran ceramah menjadi metode demonstrasi. Metode ini dirasa cocok diterapkan saat pembelajaran daring. Karena siswa lebih mudah memahami dan dapat menarik simpati siswa juga. Dalam metode demonstrasi ini, siswa diajak untuk terlibat dalam materi secara langsung, sehingga siswa mampu menalar sesuai dengan pemahaman mereka berdasarkan apa yang dilihat dan didengarkannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besaran pengaruh metode pembelajaran demosntrasi pada materi bangun ruang terhadap minat belajar siswa kelas V SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Subjek populasi peneliti mengambil sampel kelas V sebagai sample penelitian. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan realibilitan.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, angket dalam bentuk google form, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis correlation product moment yang tertera di SPSS 21.
Berdasarkan uraian hasil penelitian dan pembahasan data peneliti yang diperoleh mengenai penggunaan metode pembelajaran demonstrasi pada materi bangun ruang terhadap minat belajar siswa kelas V SD Islam Al-Azhar Samarinda diperoleh thitung (7,937) > ttabel (1,684), maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode demonstrasi pada meteri bangun ruang terhadap minat belajar siswa. Berdasarkan nilai r = rhitung (0,786) jika diinterpretasi pada tabel r didapatkan nilai 0,60 – 0,799 maka berpengaruh kuat. Konstribusi yang diberikan dari variabel sebesar 61,78%. Artinya variabel minat belajar dipengaruhi oleh penggunaan metode demonstras pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang sedangkan sisanya 38,22% dipengaruhi oleh variabel lainya seperti teman kelas, gangguan sinyal saat daring. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa berpengaruh kuat antara penggunaan metode demonstrasi materi bangun ruang terhadap minat belajar siswa di SD Islam Al-Azhar 47 Samarinda. | en_US |