dc.description.abstract | Yasin Wahyudi, 2019. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di SMA Negeri 6 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd dan Badrut Tamam, M.Pd.I
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa seorang kepala sekolah mempunyai tanggung jawab untuk memajukan lembaga pendidikan yang dipimpinnya dengan melaksanakan peranan-peranannya yang ada sehingga dapat memajukan lembaga pendidikan yaitu SMA Negeri 6 Samarinda.Kepala sekolah selaku pimpinan memiliki tanggung jawab terhadap sesuatu yang ada di sekolah termasuk guru sebagai tenaga pendidik, tentu kepala sekolah harus bisa mengatasi masalah yang berkaitan dengan guru dalam hal ini peningkatan kompetensi pedagogik guru. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepala sekolah dalam meningkatkan kopetensi pedagogik guru di SMA Negeri 6 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, sumber data primernya adalah kepala sekolah dan guru SMA Negeri 6 Samarinda, sedangkan sumber data sekundernya adalah dokumen-dokumen, laporan, dan hasil penelitian yang relevan, untuk teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan untuk teknik analisis datanya yang dipergunakan adalah reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 6 Samarinda, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru telah dilaksanakan cukup baik. Dengan mengacu pada peran kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik yaitu peran kepala sekolah sebagai edukator, manajer, supervisor, dalam hal meningkatkan kompetensi pedagogik guru dengan mengelola pembelajaran, perencanaan pelaksanaan pembelajaran, dan mengevaluasi hasil belajar. Untuk meningkatkan kompetensi pedagogik tersebut kepala sekolah membantu guru dengan mengirimkan guru mengikuti berbagai pelatihan-pelatihan dan kepala sekolah juga memberikan penilaian kerja terhadap guru kemudian memberikan penghargaan pada guru yang berprestasi. | en_US |