dc.description.abstract | ABSTRAK
Indah Tri Cahyani, 1711305026, 2021. “Implementasi Kegiatan Kolase Dalam Menstimulus Perkembangan Anak kelompok B di Tk Purnama Loa Janan Samarinda”. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. H. Ahmad Riyadi SS. M. Hum dan Nurwati, M.Pd.
Implementasi kegiatan kolase secara langsung melibatkan anak usia dini dengan menggunakan media yang kongkrit seperti menempel kan kertas origami, kapas, gliter, biji-bijian, daun-daun kering dll, pada kertas gambar yang telah berisi pola gambar. Tujuan dari kegiatan kolase ini untuk mengetahui Implementasi Kegiatan Kolase Dalam Menstimulus Perkembangan Anak di Tk Purnama Loa Janan Ulu Samarinda, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam mengimplementasikan kegiatan kolase di Tk Purnama Loa Janan ulu Samarinda.
Jenis metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu tekhnik pengumpulan data yang dibutuhkan dalan suatu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa sumber data yang diamati baik secara lisan maupun kata-kata. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas B2B, guru kelas B3B serta anak-anak Tk Purnama Loa Janan Samarinda.
Hasil penelitian dalam kegiatan kolase di Tk Purnama Loa Janan Samarinda dilakukan dalam langkah-langkah sebagai berikut, pertama yaitu perencanaan, guru mempersiapkan RPPH, menetapkan media, Lalu guru menyiapkan lembar catatan anekdot dan lembar ceklist perkembangan anak. Kedua yaitu pelaksanaan, guru mulai memberikan media kepada anak, guru memberikan arahan kepada anak dalam melakukan kegiatan kolase mulai dari langkah-langkahnya hingga saat akhir menyelesaikan kegiatan kolase. Ketiga evaluasi, anak bisa mengkomunikasikan kegiatan yang telah dilakukan, anak terampil menggunakan tangan kanan dan kiri nya, anak mampu menghitung warna yang telah ditempel seperti warna biru, pink dan kuning pada gambar bintang. Anak mampu mengelompokkan sobekan kertas origami yang akan ditempelkan pada bentuk segitiga dan persegi empat pada gambar rumah. Anak mampu memahami bahasa reseptif dengan memahami arahan guru dalam kegiatan kolase, anak mampu mengikuti aturan kelas dalam melakukan kegiatan. Anak mampu menampilkan hasil karya dalam kegiatan kolase, anak mampu menempel dengan menggunakan media kapas pada gambar binatang domba dan menyebutkan binatang domba adalah ciptaan Tuhan dalam kegiatan kolase. Faktor-faktor pendukung dalam kegiatan kolase adalah Anak bebas berimajinasi, memiliki rasa percaya diri, adanya sarana dan prasarana serta penguasaan guru tehadap materi yang akan disampaikan. Sedangkan, faktor-faktor penghambatnya yaitu kondisi anak, seperti kegiatan pembelajaran yang mudah dan anak cepat bosan, persiapan yang tidak matang dan waktu yang terbatas. | en_US |