dc.description.abstract | ABSTRAK
Lutfi Irawan, 2021. “Pengaruh Promosi dan Kemudahan Penggunaan Dompet Digital terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Muslim Milenial di Kota Samarinda”. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag, Fitria Rahmah, S.E.I, MA.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pesatnya perkembangan teknologi dengan kemunculan fintech di Indonesia dalam bentuk dompet digital (e-wallet) yang banyak dipromosikan dan memudahkan pengguna dalam bertransaksi, yang nantinya bisa berdampak pada peningkatan minat konsumen, khususnya pada generasi muslim milenial. Dengan karakter yang dimiliki generasi tersebut dapat diketahui bahwa tidak menutup kemungkinan akan terjadi peningkatan pada perilaku konsumtif dikarenakan generasi tersebut yang paling dekat dengan teknologi atau inovasi baru. penelitian ini merumuskan apakah berpengaruh secara parsial dan simultan pada variabel promosi dan kemudahan terhadap perilaku konsumtif pada generasi muslim milenial pengguna dompet digital di Kota Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Muslim Milenial di Kota Samarinda yang menggunakan atau pernah menggunakan dompet digital (e-wallet). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan Non-probability sampling, yaitu dengan teknik Accidental sampling dengan jumlah 100 responden dengan menggunakan angket atau kuesioner yang kemudian dikumpulkan dalam bentuk skor data ordinal. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan uji validitas dan reliabilitas, serta mengubah data ordinal menjadi interval.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah variabel promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif pada generasi muslim milenial. Variabel kemudahan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi muslim milenial pengguna dompet digital di Kota Samarinda. Sedangkan secara simultan atau menyeluruh variabel promosi dan kemudahan berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif generasi milenial pengguna dompet digital di Kota Samarinda.Sedangkan hasil dari uji determinasi menunjukan bahwa variabel perilaku konsumtif dipengaruhi oleh variabel promosi dan kemudahan sebesar 10% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. | en_US |