Show simple item record

dc.contributor.authorRahman, Abdul
dc.date.accessioned2022-01-26T23:56:15Z
dc.date.available2022-01-26T23:56:15Z
dc.date.issued2021-01-23
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1103
dc.description.abstractABSTRAK Abdul Rahman, 2021. “Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Ikan di Pasar Kuala Samboja. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Dr.Hj. Darmawati, M.Hum dan H.Yusran,M.Ag. Latar belakang dalam penelitian ini adalah ketika peneliti melakukan observasi sementara dimana menemukan kecurangan yang terjadi pada beberapa pedagang ikan. Beberapa pedagang ikan melakukan tindakan curang dengan mencampurkan antara kualitas ikan yang buruk dan kualitas yang baik. Hal itu terjadi karena masih ada ikan yang belum habis dalam sehari. Sehingga para pedagang ikan akan menyimpannya untuk dijual keesokan harinya. Kemudian ikan lama akan bercampur dengan ikan baru. Penipuan akan berjalan lancar karena para pedagang ikan akan menyembunyikan kualitas ikan yang buruk. Para pedagang ikan akan mengatakan bahwa ikannya memiliki kualitas yang baik meskipun ternyata ikannya sudah tercampur dengan ikan tua yang kemarin belum laku. Tindakan ini bisa merugikan orang lain. Sedangkan segala hal yang dapat merugikan masyarakat dapat dianggap telah melanggar etika bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan penerapan etika bisnis Islam pada Pedagang Ikan di Pasar Kuala Samboja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu fonemenon studi yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu pokok bahasan dalam suatu fakta secara tertulis dan lisan. Ada 15 responden sebagai subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer adalah dari pedagang ikan yang berdagang di Kuala Samboja dan sumber data sekunder adalah dari buku-buku yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yang digunakan untuk memperkuat data dan membuat peneliti yakin akan kebenaran dan kelengkapan data. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah terdapat 15 pedagang ikan di pedagang pasar Kuala Samboja ditinjau dari aplikasinya, para pedagang ikan telah menerapkan etika bisnis yang Islami seperti kebenaran dalam mengukur dan menimbang, rendah hati. tidak menyembunyikan barang yang rusak, dan tidak melakukan sumpah palsu. Disisi lain, ada dua pedagang ikan yang belum menerapkan etika bisnis Islam seperti tidak jujur dalam mengukur dan menimbang serta menyembunyikan barang cacat. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 87% pedagang ikan telah menerapkan etika bisnis Islam dengan baik dan 13% diantaranya belum menerapkan etika bisnis Islam yang kurang baik. Kata kunci: Etika Bisnis Islami, Jujur, Rendah Hati, Bukan Saingan Penjual Lain, Bukan Menyembunyikan Cacat Barang, Bukan Komit sumpah palsu, Pedagang Ikan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islami, Jujur, Rendah Hati, Bukan Saingan Penjual Lain, Bukan Menyembunyikan Cacat Barang, Bukan Komit sumpah palsu, Pedagang Ikan.en_US
dc.titlePenerapan Etika Bisnis Islam Pada Pedagang Ikan di Pasar Kuala Sambojaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record