Show simple item record

dc.contributor.authorFahmidah, Nurul
dc.date.accessioned2022-01-27T00:08:08Z
dc.date.available2022-01-27T00:08:08Z
dc.date.issued2021-06-23
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1104
dc.description.abstractABSTRAK Nurul Fahmidah, 2021. “Faktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Muslim dalam Keputusan Pembelian Sembako Impor Asal Malaysia (Studi Kasus Kawasan Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia Di Kecamatan Sebatik Utara). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Akhmad Nur Zaroni,M.Ag dan Ahmad Syarif,S.E.I,M.Sc Latar belakang penelitian ini adalah adanya hubungan perdagangan lintas batas yang dilakukan masyarakat Pulau Sebatik dengan masyarakat TawauMalaysia sehingga tersebar luas sembako maupun produk-produk asal Malaysia lainnya di Pulau Sebatik. Hal ini menyebabkan persaingan sembako lokal dan sembako asal Malaysia di Pulau Sebatik. Bauran pemasaran merupakan penyebab preferensi masyarakat memilih sembako impor dibandingkan sembako lokal yaitu harga, produk dan distribusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, produk, dan distribusi baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian konsumen muslim dalam pembelian sembako impor asal Malaysia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif asosiatif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah non probability sampling teknik purposive sampling, penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus Slovin berjumlah 98 responden. Lokasi penelitian ini adalah Kecamatan Sebatik Utara.. Untuk mengumpulkan data menggunakan angket dan observasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian uji hipotesis dengan menggunakan uji parsial (uji t) ditemukan bahwa variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sembako impor asal Malaysia. Variabel kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sembako impor asal Malaysia. Variabel distribusi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sembako impor asal Malaysia. Hasil uji simultan (uji F) ditemukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan harga, kualitas produk, dan distribusi secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian sembako impor asal Malaysia. Kata Kunci : Harga, Produk, Distribusi, Keputusan Pembelian,Sembako Imporen_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectHarga, Produk, Distribusi, Keputusan Pembelian,Sembako Imporen_US
dc.titleFaktor-faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Muslim dalam Keputusan Pembelian Sembako Impor Asal Malaysia (Studi Kasus Kawasan Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia Di Kecamatan Sebatik Utara)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record