Pengaruh Word of Mouth, Brand Image, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim pada Toko Nobby Hijab di Samarinda. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Windy Yulianti, 2021. “Pengaruh Word of Mouth, Brand Image, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim pada Toko Nobby Hijab di Samarinda. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Darmawati, M.Hum selaku Pembimbing I dan H. Yusran, M.Ag selaku Pembimbing II.
Pemasaran merupakan ilmu dan metode yang terus berkembang. Usaha dalam memuaskan kebutuhan serta keinginan konsumen bukanlah gejala yang baru, produsen barang-barang kerajinan membuka komunikasi personal intensif dengan para pelanggan. Saat ini konsumen semakin selektif dan semakin kritis dalam berperilaku untuk mengonsumsi produk yang dibutuhkannya. Seiring dengan perkembangan zaman, manusia tidak hanya memperhatikan kebutuhan primernya seperti makanan, pakaian, serta tempat tinggal, tetapi juga akan kebutuhan sekunder dan tersier. Fashion contohnya, Kebutuhan sandang dan fashion saat ini semakin berkembang sehingga menuntut para pelaku usaha untuk terus mengikuti trend. Oleh karena itu perusahaan harus semakin aktif dalam merealisasikan strategi-strategi pemasaran secara efektif dan efisien. Seperti strategi pemasaran dari mulut ke mulut atau yang sering disebut dengan strategi word of mouth, serta meningkatkan brand image, dan kualitas pelayanan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Word of Mouth, Brand Image, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Busana Muslim pada Toko Nobby Hijab di Samarinda.
Penelitian ini tergolong dalam penelitian field research (penelitian lapangan) dengan metode deskriptif kuantitatif, dimana penulis mendapatkan data langsung dari subjek penelitian di lapangan. Jumlah populasi yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 98 konsumen toko Nobby Hijab di Samarinda, metode sampel yang digunakan sampling accidental dengan rusus slovin, dikarenakan pengambilan anggota sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang dengan kebetulan bertemu dengan peneliti, bila dipandang yang kebetulan ditemui cocok sebagai sumber data. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa variabel Word of Mouth, Brand Image, dan Kualitas Pelayanan secara simultan dan parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian busana muslim pada toko Nobby Hijab di Samarinda dengan kontribusi sebesar 65,8% terhadap Keputusan Pembelian dan sisanya 34,2% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
Kata Kunci: Pemasaran, Word of Mouth, Brand Image, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian