Show simple item record

dc.contributor.authorRosyada, Amrina
dc.date.accessioned2022-01-27T00:22:24Z
dc.date.available2022-01-27T00:22:24Z
dc.date.issued2021-11-02
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1107
dc.description.abstractABSTRAK Amrina Rosyada, 2021. “Pengaruh Sistem Layanan Jemput Infaq, Transfer Rekening dan Berinfaq ke Kantor Terhadap Kepuasan Donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda (Studi Kasus Baitulmaal Munzalan Indonesia Cabang Samarinda)”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Moh. Mahrus, S.Ag., M.HI. dan Ibu Fitria Rahmah, S.E.I., M.A. Banyaknya lembaga zakat, infaq, dan sedekah di Indonesia terus berlomba dalam mengembangkan pelayanannya agar menciptakan kepuasan donatur. Hal ini pula dilakukan oleh Gerakan Infaq Beras Samarinda yang berada di bawah naungan Baitulmaal Munzalan Indonesia Cabang Samarinda. Gerakan Infaq Beras adalah gerakan yang menghimpun infaq uang dan beras dari donatur yang akan disalurkan kepada anak yatim dan penghafal Al-Qur’an. Total kebutuhan beras untuk 109 pondok pesantren, panti asuhan dan rumah Tahfidz setiap bulannya yaitu sebanyak 87 ton sedangkan yang baru bisa disalurkan hanya 26 ton dan ini masih sangat jauh dari target terpenuhinya kebutuhan beras santri. Terdapat tiga sistem layanan dalam gerakan ini, yaitu jemput infaq, transfer rekening dan berinfaq ke kantor. Pelayanan yang baik serta kenyamanan yang diberikan kepada donatur dapat menentukan laju pertumbuhan suatu lembaga zakat, infaq, dan sedekah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem layanan jemput infaq, transfer rekening dan berinfaq ke kantor terhadap kepuasan donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda, baik secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Dengan populasi sebanyak 20.077 donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda dan menggunakan Probability Sampling yaitu dengan teknik Simple Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan cara menyebarkan angket atau kuesioner kepada seluruh sampel dan penelitian ini menggunakan teknik Analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem layanan jemput infaq tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda. Sedangkan sistem layanan transfer rekening berpengaruh signifikan terhadap kepuasan donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda dan sistem layanan berinfaq ke kantor berpengaruh signifikan terhadap kepuasan donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda. Secara simultan sistem layanan jemput infaq, transfer rekening dan berinfaq ke kantor berpengaruh signifikan terhadap kepuasan donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda. Dan hasil uji determinasi menunjukkan bahwa ketiga variabel independen berpengaruh sebesar 58,7% terhadap variabel dependen, sedangkan sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak disertakan dalam penelitian ini. Kata kunci: jemput infaq, transfer rekening dan berinfaq ke kantoren_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectjemput infaq, transfer rekening dan berinfaq ke kantoren_US
dc.titlePengaruh Sistem Layanan Jemput Infaq, Transfer Rekening dan Berinfaq ke Kantor Terhadap Kepuasan Donatur Gerakan Infaq Beras Samarinda (Studi Kasus Baitulmaal Munzalan Indonesia Cabang Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record