Pengaruh Harga, Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Minuman Chatime Pada Masyarakat Muslim Di Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Camaria Dina, 2021. “Pengaruh Harga, Sertifikasi Halal dan Kesadaran Halal Terhadap Minat Beli Minuman Chatime Pada Masyarakat Muslim Di Kota Samarinda’'. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi,M.Ag dan Hj. Kokom Komariah, S.P,M.Si.
Penduduk di indonesia mayoritas adalah beragama Islam. Mayoritas penduduk dikota Samarinda menurut BPS Kota Samarinda adalah agama islam dengan jumlah penduduk sebesar 724.698.
Salah satu faktor permasalahan minat beli baik dari segi makanan maupun minuman adalah mengenai minat beli produk makanan maupun minuman halal. Konsumen muslim perlu meningkatkan pengetahuan dan kesadaran mengenai pentingnya mengkonsumsi produk makanan maupun minuman halal, selain itu adanya sertifikasi halal dari MUI menjadi salah satu identitas dari suatu produk dalam menentukan kehalalannya. Tidak hanya itu saja yang mempengaruhi konsumen untuk membeli suatu produk, tetapi harga juga mempengaruhi konsumen untuk membelinya.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh harga, sertifikasi halal dan kesadaran halal terhadap minat beli baik secara parsial maupun simultan.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Responden dalam penelitian ini ialah Masyarakat Muslim Kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel ialah Probability sampling dengan jumlah sampel 100 dari 724.698 populasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket/kuesioner (Google Form) dan dokumen. Teknik analisa data uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan regresi linier berganda.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dari hasil uji T (parsial) diketahui bahwa harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli minuman Chatime pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai signifikan pada variabel harga adalah 0,000 < 0,05 dan nilai Thitung sebesar 8,282 > 1,98498, sedangkan pada variabel sertifikasi halal tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli minuman Chatime pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai signifikan pada variabel sertifikasi halal adalah 0,185 > 0,05 dan nilai Thitung sebesar dan nilai Thitung sebesar -1,331 < 1,98498, dan pada variabel kesadaraan halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli minuman Chatime pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan nilai signifikan pada variabel kesadaraan halal adalah 0,003 < 0,05 dan nilai Thitung sebesar 3,017 > 1,98498. Secara simultan menunjukkan nilai F hitung sebesar 28,532 nilai ini lebih besar dari F tabel sebesar 2,70 dengan signifikan 0,000 karena nilai lebih kecil dari 0,05 maka harga, sertifikasi halal dan kesadaran halal berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap minat beli minuman Chatime pada masyarakat muslim di Kota Samarinda dengan hasil nilai koefisien determinasi sebesar 47% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel yang lain diluar penelitian ini.
Kata Kunci: Harga, Sertifikasi Halal, Kesadaran Halal, Minat Beli