dc.description.abstract | ABSTRAK
Pini Apriliani, 2021. “Pengaruh Brand Image, Label Halal, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Kentucky Fried Chicken (KFC) di Samarinda Central Plaza”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Tikawati S.E. M.Si, dan Nurul Fadhilah S.S.T., ME.
Latar belakang penelitian ini adalah mobilitas masyarakat yang tinggi dan aktivitas kerja yang sibuk mengakibatkan mereka untuk selalu mencari sesuatu yang bersifat praktis dan instan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Salah satunya dengan mencari makanan dan minuman diluar rumah untuk memenuhi kebutuhannya. Dengan tingginya minat masyarakat untuk makan di luar rumah tentunya membuat timbulnya persaingan yang ketat di dunia bisnis ini, salah satunya yaitu makanan cepat saji fried chicken. Hal ini membuat KFC untuk secara terus menerus memperkuat brand imagenya agar dapat meraih posisi tertinggi di hati konsumen. Hal ini dibuktikan dengan KFC menempati peringkat pertama pada Top Brand pada tahun 2019, 2020, 2021. Brand image yang sangat baik dimata konsumen dapat mempengaruhi keputusan pembelian. Selain itu, label halal dan kualitas produk juga mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh brand image, label halal dan kualitas produk baik secara simultan maupun parsial terhadap keputusan pembelian KFC di Samarinda Central Plaza.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif Teknik pengumpulan data dengan kuisioner, wawancara dan studi kepustakaan. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non probability sampling, metode yang digunakan adalah Accidental Sampling. Penentuan jumlah sampel berdasarkan rumus slovin berjumlah 100 responden. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis dengan menggunakan SPSS versi 22.
Hasil penelitian membuktikan bahwa Brand image secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian KFC di Samarinda Central Plaza, karena memiliki nilai signifikan sebesar 0,039 < 0,05 dan thitung> ttabel sebesar 2,092 > 1,988. Label halal secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian KFC di Samarinda Central Plaza, karena memiliki nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05 dan thitung > ttabel sebesar 3,450 > 1,988. Kualitas produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian KFC di Samarinda Central Plaza, karena memiliki nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung > ttabel sebesar 5,555 > 1,988. Brand Image, Label Halal, Kualitas Produk Secara Simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian KFC di Samarinda Central Plaza, karena memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 44,813 sehingga Fhitung > Ftabel (44,813 > 2,70).
Kata Kunci : Brand Image, Label Halal, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kentucky Fried Chicken (KFC). | en_US |