Show simple item record

dc.contributor.authorSari, Dewi Mayang
dc.date.accessioned2022-01-27T01:43:28Z
dc.date.available2022-01-27T01:43:28Z
dc.date.issued2021-12-16
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1120
dc.description.abstractABSTRAK Dewi Mayang Sari, 2021. “Strategi Penjualan Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Ikan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Selili, Kota Samarinda). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Akhmad Nur Zaroni, M.Ag dan Ahmad Syarif,S.E.I.,M.Sc. Latar belakang dalam penelitian ini adalah kegiatan jual beli ikan yang ada di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Selili. Ketika peneliti melakukan observasi sementara dimana menemukan beberapa strategi penjualan yang diterapkan oleh pedagang ikan untuk meningkatkan penjualan. Strategi penjualan yang dilakukan oleh pedagang ikan dimana setiap pedagang ikan yang berdagang memiliki tujuan utama untuk mendapatkan keuntungan biasanya dengan cara meningkatkan penjualan seorang pedagang harus memiliki strategi penjualan yang baik dan benar sesuai dengan syariat islam. Selain itu penerapan etika bisnis Islam yang baik dalam berdagang menjadi tolak ukur keberkahan suatu usaha yang dijalankan guna mencapai keberkahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Strategi penjualan dalam meningkatkan pendapatan pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) perspektif etika bisnis Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu suatu fonemenon studi yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu pokok bahasan dalam suatu fakta secara tertulis dan lisan. Ada 32 pedagang ikan sebagai subjek penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer adalah dari pedagang ikan yang berdagang di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Selili, petugas dan pengawas Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Selili dan sumber data sekunder adalah dari buku-buku yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selain itu, validasi data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yang digunakan untuk memperkuat data dan membuat peneliti yakin akan kebenaran dan kelengkapan data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi penjualan yang dilakukan pedagang ikan melalui kualitas produk, harga dan tempat mengalami peningkatkan pendapatan pedagang ikan jika dibandingkan pada tahun 2020 - 2021 sebanyak 15% pada pedagang ikan air laut dan 31% pada pedagang ikan air tawar. Jika dilihat dari penerapan etika bisnis Islam pedagang ikan sudah menerapkan etika bisnis Islam yang baik seperti jujur dalam menakar dan menimbang, longgar dan murah hati, tidak menyembunyikan cacat barang, tidak menyaingi penjual lain. Meskipun ada sebagaian kecil pedagang ikan yang belum menerapkan etika bisnis Islam yang baik seperti tidak jujur dalam menginformasikan kepada konsumen tentang kualitas produk ikan yang dijual. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa 93,75% pedagang ikan telah menerapkan etika bisnis Islam dengan baik dan 6,25% diantaranya belum menerapkan etika bisnis Islam yang baik. Kata kunci: Etika Bisnis Islami, Strategi Penjualan, Kualitas Produk, Harga, Tempat, Pedagang Ikanen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectEtika Bisnis Islami, Strategi Penjualan, Kualitas Produk, Harga, Tempat, Pedagang Ikanen_US
dc.titleStrategi Penjualan Dalam Meningkatkan Pendapatan Pedagang Ikan Perspektif Etika Bisnis Islam (Studi Kasus di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Selili, Kota Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record