Pengaruh pengetahuan produk, religiusitas dan norma subjektif terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal Emina pada remaja wanita muslimah di Kota Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Shina Widyana, 2021. “Pengaruh pengetahuan produk, religiusitas dan norma subjektif terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal Emina pada remaja wanita muslimah di Kota Samarinda”. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Syeh Hawib Hamzah,M.Pd.I, TikawatiS.E., M.Sidan Nurul Fadhilah,S.S.T.M.E.
Penelitian ini di latar belakangi oleh kesadaran konsumen untuk mengkonsumsi produk halal. Islam mewajibkan kita mengkonsumsi bahan-bahan yang tidak menganggu kesehatan tubuh kita, tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya dan diharamkan oleh Islam. Produk Emina, sebuah brand kosmetik lokal yang merupakan satu perusahaan yang sama dengan kosmetik Wardah dan Make Over. Dibandingkan dengan Wardah dan Make Over, Emina memiliki target pasar khusus yakni remaja wanita. Dalam melakukan pembelian, remaja wanita muslimah melakukan keputusan pembelian. Keputusan pembelian tersebut dapat dipengaruhi oleh pengetahuan produk, religiusitas, dan norma subjektif. Kemudian, ada beberapa tujuan dari penelitian ini yaitu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan produk, religiusitas dan norma subjektif terhadap keputusan pembelian kosmetik berlabel halal Emina pada remaja wanita muslimah di Kota Samarinda, baik secara parsial dan simultan.
Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 111.149 orang, sedangkan sampel yang diambil sebanyak 100 orang dari remaja wanita muslimah yang menggunakan produk Emina di kota Samarinda. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan teknik secara purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode kuesioner. Teknik analisa data menggunakan Metode Successive Interval (MSI), uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis, dan analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau dapat dikatakan variabel Pengetahuan Produk (X1) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai signifikansi 0,022 lebih kecil dari 0,05 atau dapat dikatakan bahwa variabel Religiusitas (X2) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 atau dapat dikatakan bahwa variabel Norma Subjektif (X3) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Dalam uji F nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil 0,05 atau dapat dikatakan variabel Pengetahuan Produk (X1), Religiusitas (X2), dan Norma Subjektif (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian(Y).
Kata Kunci:Pengetahuan Produk, Religiusitas, Norma Subjektif