Show simple item record

dc.contributor.authorMastianto, Ranti
dc.date.accessioned2020-03-12T03:59:20Z
dc.date.available2020-03-12T03:59:20Z
dc.date.issued2019-09-13
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/112
dc.description.abstractABSTRAK Ranti Mastianto, 2019. “Terhadap Mutu Sekolah di MAN 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”.Penelitian ini dibimbingolehDrs. H.M. Said Husin, MA selaku pembimbing I dan Ishmatul Maula, M.Pd selaku pembimbingII. Keberadaan sistem informasi dalam dunia pendidikan merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas pendidikan itu sendiri. Dengan sistem informasi lembaga pendidikan dapat meningkatkan daya saing dengan lembaga-lembaga pendidikan lainnya. MAN 2 Samarinda merupakan salah satu madrasah yang menerapkan sistem informasi manajemen. Meskipun demikian masih terdapat beberapa informasi yang diberikan tidak sesuai dengan kebutuhan pelanggan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruhsisteminfromasimanajementerhadapmutusekolah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X, XI, dan XII yang berjumlah 915 siswa-siswi, serta guru dan staf TU yang berjumlah 60 orang, sedangkan teknik penarikan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan probability sampling yaitu siswa-siswi kelas X, XI dan XII yang berjumlah sebanyak 41 siswa-siswi, sedangkan guru dan staf TU yang dipilih secara random yaitu sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus correlation product momentdanmengujihipotesisdenganujit. Hasil penelitian pengaruh penerapan sistem informasi manajemen terhadap mutu sekolah berada pada kategori kuat (0,661). Besarnya pengaruh penerapan sistem informasi manajemen terhadap mutu sekolah dibuktikan dengan perhitungan menggunakan thitung nilai besar 6,769. Dan nilai thitung setelah diinterpretasikan dengan nilai ttabel pada taraf signifikan 0,05, untuk db= 61-2= 59 didapatkan nilai ttabel 1,671. Maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,671>6,769. Dengan demikian kontribusi dari sistem informasi manajemen terhadap mutu sekolahyaitu43,69%sisanya ditentukanolehfaktoryanglain.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPENGARUH SISTEM INFORMASI MANAJEMENen_US
dc.titlePengaruh Sistem Informasi Manajemen Terhadap Mutu Sekolah di MAN 2 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record