Show simple item record

dc.contributor.authorKhairiyah, Hidayatul
dc.date.accessioned2020-03-12T04:03:11Z
dc.date.available2020-03-12T04:03:11Z
dc.date.issued2019-09-13
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/113
dc.description.abstractABSTRAK Hidayatul Khairiyah, 2019. “Manajemen Pemasaran Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapan”. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr. Eka Mahmud, M. Ag dan ibu Dr. Hj. Ity Rukiyah, M. Si. Pendidikan kini semakin berkembang dan pada kenyataanya setiap lembaga pendidikan membutuhkan wadah untuk memperkenalkan dan menawarkan jasa pendidikannya kepada khalayak umum. Lembaga pendidikan dituntut dapat memberikan penawaran terbaik kepda masyarakat. Dahulu pemasaran pada lembaga pendidikan dianggap tabu karena barbau bisnis. Namun semakin berkembangnya zaman, hal itu dianggap lumrah karena dapat menampilkan banyak sisi dari lembaga pendidikan dengan mudah dan dengan waktu yang relatif singkat. Lembaga pendidikan dituntut dapat menampilkan dan menawarkan jasa pendidikan kepada masyarakat dengan menarik dan unik sehingga menjadi kebutuhan dan banyak diminati oleh masyarakat. Dalam suatu kegiatan yang melibatkan banyak orang dan memiliki suatu tujuan yang harus dicapai, keterlibatan rangkaian manajemen sangatlah mempengaruhi. Perencanaan yang baik, pengorganisasian akan mempengaruhi lancarnya suatu kegiatan, hingga pada evaluasi yang menyeluruh sebagai wadah perbaikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan diYayasan Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien ialah bahwa yayasan tersebut malakukan kegiatan pemasaraan. Kegiatan pemasaran yang dilakukan tidak terlepas dari rangkaian kegiatan manajemen yakni perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun rangkaian manajemen pemasaran tersebut dilakukan oleh pengurus dan humas yayasan. Dalam pelaksanaan pemasasaran yang dilakukan oleh yayasan pondok pesantren modern al-muttaqien ada beberapa kendala yang dialami dan dirasa menghambat jalannya kegiatan tersebut. Namun, yayasan pondok pesatren modern al-muttaqien juga menjalin kerja sama dengan beberapa pihak sehingga menjadi sebuah keuntungan tersendirien_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMANAJEMEN PEMASARANen_US
dc.titleManajemen Pemasaran Yayasan Pondok Pesantren Modern Al-Muttaqien Balikpapanen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record