Show simple item record

dc.contributor.authorAdawiyah, Rubi’atul
dc.date.accessioned2020-03-12T04:08:12Z
dc.date.available2020-03-12T04:08:12Z
dc.date.issued2019-08-23
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/114
dc.description.abstractABSTRAK Rubi’atul Adawiyah, 2019. “Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Ibu Sunanik, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pelayanan akademik yang ada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Sedangkan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui problema, faktor dan solusi atau upaya yang telah dilakukan dalam menghadapi problema dalam pelayanan akademik fakultas, serta menawarkan solusi atau upaya lain bagi problema pelayanan akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda yang masih membutuhkan solusi atau upaya penanganan. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu deskriptif kualitatif. Menggunakan teknik observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah triangulasi dengan alur; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan terhadap data yang diperoleh pada saat penelitian. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah bahwa dalam pelayanan akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda terdapat beberapa problema yang berasal dari pihak internal (penyedia layanan) dan pihak eksternal (penerima layanan atau mahasiswa). Problema yang dihadapi pun terjadi pada keseluruhan lima dimensi kualitas pelayanan, dengan problema yang berbeda-beda. Adapun problema yang paling banyak terjadi ialah pada dimensi tangible (bukti fisik), sedangkan problema yang paling urgent dan sangat fatal apabila diabaikan karena pengaruhnya yang sangat besar bagi keberlangsungan layanan akademik, adalah pada dimensi realibity (reabilitas) yaitu pada problema mengenai SOP layanan akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Solusi atau upaya penanganan telah dilakukan untuk menangani problema yang ada. Namun, masih terdapat beberapa problema yang belum mendapatkan solusi atau upaya penanganan dikarenakan belum ditemukannya solusi atau upaya untuk menangani sebagian problema yang dimakasud. Sehingga masih dibutuhkannya ide solusi atau upaya yang membantu untuk menangani sebagian problema tersebut. Pihak peneliti sendiri menawarkan solusi atau upaya bagi problema yang belum teratasi tersebut, yaitu dengan enam solusi yang ditawarkan oleh peneliti.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectPROBLEMATIKA PELAYANAN AKADEMIKen_US
dc.titleProblematika Pelayanan Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record