dc.description.abstract | ABSTRAK
Masruni, 2019. “Strategi Humas Dalam Meningkatkan Jumlah Santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah dan Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong)”. Tesis Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Samarinda. Penelitian ini di bimbing oleh Bapak Dr. Mukhamad Eka Mahmud, M. Ag selaku pembimbing I pada penelitian Tesis ini dan Dr. Zamroni, M. Pd selaku pembimbing II pada penelitian Tesis ini.
Latar belakang penelitian ini adalah upaya menarik simpati masyarakat, Pondok Pesantren Al-Hidayah dan Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong menerapkan strategi humas dengan mengadakan program yang melibatkan masyarakat, untuk masuk ke dalam lingkungan pesantren dalam kegiatan tertentu dan sosialisasi ke masyarakat yang berada di Kecamatan wilayah Tenggarong mapun diluar wilayah kecamatan. Tujuan penelitian untuk mengetahui, 1) Apa saja strategi Humas dalam meningkatkan jumlah santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah dan Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong? 2) bagaimana langkah-langkah strategi humas dalam meningkatkan jumlah santri? 3) Apa faktor pendukung dan penghambat strategi humas dalam meningkatkan jumlah santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah dan Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif di Pondok Pesantren Al-Hidayah dan Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong. Subjek penelitian adalah ketua yayasan, kepala sekolah, dan kepala bagian humas. Informan penelitian meliputi, orang tua/wali santri, ustadz-ustadzah dan santri di Pondok Pesantren. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk mendapatkan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode atau teknik analisis data menggunakan model interaktif yang meliputi reduksi data, pengumpulan data, penyajian data dan kesimpulan.
Setelah dilakukan penelitan, diperoleh kesimpulan bahwa pertama, Strategi humas dalam meningkatkan jumlah santri di Pondok Pesantren Al-Hidayah dan Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong yaitu terdapat dua program diantaranya adalah strategi publik intren dan strategi publik ekstren. Kedua, langkah-langkah strateginya yaitu mengidentifikasi audiens sasaran, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, dan menentukan anggaran promosi. Ketiga, faktor pendukung dan penghambat baik internal maupun eksternal Pondok Pesantren Al-Hidayah dan Pondok Pesantren Ribathul Khail Tenggarong. | en_US |