Show simple item record

dc.contributor.authorMasli, Azizah Aidina
dc.date.accessioned2022-02-04T01:42:50Z
dc.date.available2022-02-04T01:42:50Z
dc.date.issued2021-11-02
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/1199
dc.description.abstractABSTRAK Azizah Aidina Masli, 2021. (Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda) Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari'ah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Hj. Norvadewi, M.Ag dan Fitria Rahmah, S.E.I.,M.A. Teknologi serta akses terhadap internet telah berkembang pesat. Jumlah pengguna internet pun meningkat pesat akibat pandemi Covid-19. Sehingga hal ini menyebabkan berkembangnya bisnis semakin tinggi sehingga menyebabkan perubahan gaya hidup konsumen terutama dalam bidang e-commerce, salah satunya yaitu Marketplace. Salah satu marketplace yang berkembang di Indonesia adalah Shopee.Untuk memenuhi kebutuhan konsumen lebih tertarik berbelanja online dibanding offline, dalam hal ini berarti ada fenomena mengenai pembelian produk secara online. Adapun masalah penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian secara online, dengan menguji variabel harga, kualitas produk, online customer rating dan online customer review. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kualitas produk, online customer rating dan online customer review terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa aktif Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarindatahun 2020/2021. Tetapi dalam penelitian ini mahasiswa yang menggunakan aplikasi Shopee tidak diketahui jumlahnya, maka teknik pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan jumlah sebanyak 100 responden yang menjadi objek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner. Teknik analisa yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga (X1), Kualitas Produk (X2) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Sedangkan variabel Online Customer Rating (X3)dan Online Customer Review (X4) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Untuk pengujian uji simultan dikatakan bahwa variabel harga, kualitas produk, online customer rating dan online customer review berpenggaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di marketplace Shopee. Dan pada hasil uji koefisien determinasi, besarnya koefisien determinasi atau R square sebesar 65,9 % hal tersebut dipengaruhi oleh variabel independen yaitu harga, kualitas produk, online customer rating dan online customer review, sedangkan 34,1% ditentukan oleh variabel lain diluar penelitian tersebut. Kata Kunci : Harga, Kualitas produk, Online customer rating, Online customer review, Keputusan pembelianen_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectHarga, Kualitas produk, Online customer rating, Online customer review, Keputusan pembelianen_US
dc.titlePengaruh Harga, Kualitas Produk, Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Shopee (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record