Show simple item record

dc.contributor.authorFebrianti, Feti
dc.date.accessioned2020-03-12T05:22:35Z
dc.date.available2020-03-12T05:22:35Z
dc.date.issued2019-09-13
dc.identifier.urihttp://repository.iain-samarinda.ac.id/handle/123456789/120
dc.description.abstractABSTRAK Feti Febrianti, 2019. “Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Syeh Hawib Hamzah, S.Ag, M.Pd dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Si. Mengelola pembelajaran perlu di kelola dengan baik agar mencapai hasil yang optimal. Untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas, diperlukan manajemen yang baik yang mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Dalam merealisasikan tujuan pembelajaran akidah akhlak dibutuhkan kepedulian dan peran dari semua pihak yang secara langsung dan tidak langsung terlibat di dunia pendidikan. Guru akidah akhlak memiliki peran yang penting dalam menjadikan peserta didik berakhlak yang baik. Untuk itu guru akidah akhlak diharapkan terpacu dalam melaksanakan manajemen pembelajaran yang baik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Kualitatif dan penelitian pustaka (library research) karena sasaran penelitian ini adalah berkaitan dengan manajemen pembelajaran Akidah akhlak di MTs Negeri Samarinda, untuk mengungkap keadaan yang sebenarnya secara mendalam. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam melakukan penelitian peneliti menggunakan teori Miles and Huberman bahwa aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa (1) Perencanaan Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri Samarinda mencakup pada lima aspek, yaitu perumusan tujuan pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian materi ajar, pemilihan sumber belajar/media pembelajaran, skenario/kegiatan pembelajaran, penilaian hasil. Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana. pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar. (2) Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup Pelaksanaan pembelajaran merupakan implementasi dari RPP. Guru menggunakan metode ceramah, tanya jawab, penugasan, diskusi, keteladanan, dan pembiasaan (3) Penilaian Pembelajaran Akidah Akhlak Penilaian yang dilakukan guru akidah akhlak dalam membentuk kepribadian terpuji di MTs Negeri Samarinda meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectMANAJEMEN PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAKen_US
dc.titleManajemen Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record