Show simple item record

dc.contributor.authorFachri Aziz, Ahmad
dc.date.accessioned2022-02-21T03:02:22Z
dc.date.available2022-02-21T03:02:22Z
dc.date.issued2019-05-14
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1211
dc.description.abstractABSTRAK Ahmad Fachri Aziz. “Manajemen Strategik Institut Agama Islam Negeri Samarinda dalam Peningkatan Kuantitas Mahasiswa”. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj Fathul Jannah, M. Si dan Marniati Kadir, S. Pd, M. Pd. Latar belakang penelitian ini adalah melihat pendidikan merupakan suatu produk jasa yang dihasilkan dari lembaga pendidikan non profit. IAIN Samarinda merupakan salah satu Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri satu-satunya yang sedang berkembang di Kalimantan Timur. Keberadaannya tidak mudah, karena meski berkompetisi menjaring calon mahasiswa dengan beberapa kampus ungulan di Benua Etam. Upaya yang dilakukan oleh kampus yang 2014 silam lalu beralih status dari STAIN Samarinda tersebut telah memberikan hasil dengan meningkatnya jumlah pendaftar mahasiswa. Namun bagaimana strategi yang dilakukan IAIN Samarinda dalam beberapa tahun terakhir, olehkarena itu penulis melakukan penelitian mengenai manajemen strategic IAIN Samarinda dalam peningkatan kuantitas mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan oleh Bogdan dan Taylor adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang diamati, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah di IAIN Samarinda dengan narasumber Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, Hubungan Masyarakat IAIN Samarinda, Teknologi Informasi dan Pangkalan Data IAIN Samarinda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen strategik yang digunakan oleh IAIN Samarinda ialah meliputi fungsi manajemen dan analisis terhadap situasi internal dan eksternal. Upaya yang dilakukan adalah perencanaan dengan penetapan kuota yang telah menjadi keputusan berdasarkan rasio kekuatan internal. Pembentukan tim sosialisasi yang terdiri dari akademika fakultas-fakultas beserta Humas dan TIPD. Sosialisasi dilakukan dengan dua jalur online dan offline, online adalah upaya yang dilakukan melalui teknologi berbasis web dan social media, sedangkan offline adalah upaya sosialisasi kunjungan ke berbagai wilayah atau instansi lembaga pendidikan yang dilakukan baik oleh tim maupun mahasiswa dan jaringan alumni kampus IAIN Samarinda. Hubungan kerja sama dengan pihak terkait juga telah dilakukan untuk mempertajam profil program studi. Beberapa kendala hasil upaya analisis terhadap internal dan eksternal terus dilakukan pembenahan sehingga setiap tahunnya jumlah calon mahasiswa pendaftarterus mengalami peningkatan.en_US
dc.publisherIAIN Samarindaen_US
dc.subjectManajemen, Strategik, Peningkatan, Kuantitas, Mahasiswaen_US
dc.titleManajemen Strategik Institut Agama Islam Negeri Samarinda dalam Peningkatan Kuantitas Mahasiswaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record