dc.description.abstract | ABSTRAK
Mar’atus Sholihah, 2021 “Problematika Penatalaksanaan Administrasi Berbasis Education Management Iformation System (EMIS) di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Prof. Zurqoni, M.Ag dan bapak Dr. H.M Kusasi, M.Pd.
Education Management Information System (EMIS) merupakan system informasi manajemen pendidikan yang memuat segala data dan informasi madrasah. Keberadaan EMIS di MA Darul Ihsan Samarinda seharusnya membantu lembaga sekolah dalam menjalankan proses manajemen pendidikan disekolah dengan baik. Namun berdasarkan hasil observasi penulis pada penatalaksanaan pengisian data EMIS di Madrasah Darul Ihsan Samarinda yang menjadi tempat penelitian penulis sudah berjalan sesuai prosedur akan tetapi mengalami banyak hambatan dalam proses pengisiannya dikarenakan banyak faktor yang menjadikan pengisian data tidak tepat waktu. Faktor-faktor tersebut diantaranya berasal dari kurangnya kesadaran siswa dalam pengumpulan berkas, pemahaman operator terhadap EMIS, dan seringnya bermasalah pada aplikasi tersebut.
Fokus dalam penelitian ini adalah mengenai data EMIS kesiswaan saja. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana penatalaksanaan administrasi berbasis EMIS di Madrasah Darul Ihsan Samarinda. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda hasil ini menunjukkan bahwa menggunakan jenis kualitatif, jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Tekhnik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah (1) dalam pelaksanaannya yaitu melalui input, proses, dan output. (2) Akan tetapi dalam pelaksanaannya terhambat menjadi lebih lambat karena timbulnya berbagai kendala dalam EMIS yang menjadikan Proses Pelaksanaan EMIS tidak tepat waktu hal tersebut terjadi karena kurangnya kesadaran siswa dalam mengumpulkan data, Kurangnya tenaga operator, kurangnya tekhnologi, kurangnya kompeten operator, kurangnya kesiapan dalam aplikasi tersebut sehingga sering terjadi eror atau server down. Walaupun berbagai kendala tersebut sudah menjadi masalah yang terus menerus, tetapi masih bisa ditemukan solusinya adalah meningkatkan kesadaran siswa dalam mengumpulkan data EMIS atau memberikan konsekuensi sebagai pelajaran bagi siswa tidak mengumpulkan data, yayasan dan pihak sekolah harus berkompromi untuk menambah staff tata usaha, yayasan dan pihak sekolah perlu memperhatikan dan memberikan sarana yang digunakan dalam mengerjakan EMIS, operator harus terus mempelajari aplikasi EMIS, serta pihak sekolah harus lebih memperhatikan dan berkonstribusi dalam melaksanakan EMIS. | en_US |