dc.description.abstract | ABSTRAK
Nurliana Sardi. 2021. “Efektivitas Media Poster Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV di MI Ma’arif NU 003 Samarinda”. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Lely Salmitha, M.Pd sebagai pembimbing II. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muahammad Idris Samarinda.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di MI Ma’arif NU 003 Samarinda yang masih menggunakan metode pembelajaran yang konvensional pentingnya penggunaan media dalam proses pembelajaran sangat berpengaruh pada keberhasilan suatu pembelajaran untuk meningkatkan semangat dan minat siswa dalam belajar dibutuhkan strategi dan metode yang bervariasi terutama pada pembelajaran IPA contohnya didalam pembelajaran IPA kebanyakan guru jarang sekali menggunakan media yang tepat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunan Media Poster Pada Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV di MI M’arif NU 003 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel X penggunaan media poster dan Y hasil belajar Ipa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi di MI Ma’arif NU 003 Samarinda yang berjumlah 674. Sampel dalam penelitian yaitu siswa/siswi kelas IV A (Kelas Eksperimen) yang berjumlah 30 siswa dan IV B (Kelas Kontrol) yang berjumlah 30 siswa, desain eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest Control Group Design. Penelitian menggunakan Teknik pengumpulan data yaitu, observasi, dokumentasi dan tes. Statistik yang digunakan untuk membuktikan hipotesis analisis data adalah two independent sampel t-test.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran poster efektif dari pada kelas kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran poster dan hanya menggunakan metode pembelajaran yang konvensional. Hal ini dibuktikan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji two independent sample t-test yaitu sig. (2-tailed) bernilai 0,001. karena nilai 0,001 lebih kecil dari 0,05, maka dapat disimpulkan ha diterima artinya sampel berasal dari populasi yang besdistribusi normal dan hasil belajar IPA kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran poster efektif dibandingkan tidak menggunakan media pembelajaran poster dan hanya menggunakan pembelajaran konvensional. | en_US |