dc.description.abstract | ABSTRAK
Surayawati, 2021. “Peran Orangtua dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika kelas III di MI Al-Muna Samarinda”. Skripsi, Program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI)”. Dibimbing oleh Marniati Kadir M. Pd selaku pembimbing I dan Siti Nasiah M. Pd selaku pembimbing II.
Pandemi Covid-19 berdampak pada multisektor, salah satunya adalah sektor pendidikan, yang mengubah sistem pembelajaran menjadi pembelajaran dari rumah. Peran guru harus digantikan dengan peran dari orang tua selama pembelajaran daring sehingga membutuhkan kerja sama yang baik diantara keduanya, untuk terus mendampingi anak disemua pembelajaran terutama pada mata pelajaran matematika yang bersifat abstrak membutuhkan arahan guru dan orang tua dalam proses pendampingan belajar daring pada anak. Maka peneliti ingin mengetahui peran serta kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di MI AlMuna Samarinda.
Penelitian ini dilakukan di MI Al-Muna Samarinda dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 1. Wawancara mendalam, 2. Observasi dan, 3. Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan. Pemeriksaan data menggunakan Triangulasi.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa peran orangtua dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika sebagai berikut : 1. Memberikan Perhatian, 2. Mendidik, 3. Sebagai Fasilitator, 4. Memberi Motivasi. Adapun kesulitan orang tua dalam mendampingi anak belajar matematika yaitu : 1. Orang tua masih kurang memahami materi matematika yang guru berikan, 2. Orang tua mengeluhkan tugas yang terlalu banyak, 3. Adapun orang tua yang masih tidak mengerti akan teknologi. | en_US |