Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Minat Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Sitti Noor Halijah, 2021. “Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Minat
Belajar Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Ibu Maulida Ulfa Hidayah, M. Pd selaku dosen pembimbing II.
Peran orang tua dalam pendidikan sangat dibutuhkan siswa untuk meningkatkan minat belajar. Perhatian orang tua merupakan faktor eksternal dari minat belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya minat belajar karena adanya faktor yang mempengaruhinya. Tanpa adanya minat belajar maka proses pembelajaran tidak dapat berlangsung secara maksimal. Untuk itu Perhatian orang tua sangat dibutuhkan seperti memenuhi kebutuhan belajar, memberikan nesihat, pengawasan dalam belajar, memberikan penghargaan dan hukuman, memperhatikan kesehatan, menciptakan suasana tenang dan tentram, dan memberikan petunjuk-petunjuk praktis. Namun hasil observasi peneliti di MIN 1 Samarinda siswa kelas IV kurang aktif saat diskusi kelompok, kurang aktif saat sesi tanya jawab, tidak mengumpulkan PR tepat waktu, sulit menjelaskan materi yang telah diajarkan. Berdasarkan observasi peneliti menduga bahwa hal tersebut karena kurangnya perhatian orang tua. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas IV dengan jumlah 102 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sample random sampling dengan jumlah sampel 50 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, selain itu juga menggunakan uji hipotesis.
Hasil penelitian analisis menggunakan SPSS versi 26 menunjukkan bahwa dari uji koefisiensi determinasi sebesar 0,490 yang berarti pengaruh perhatian orang tua terhadap minat belajar siswa kelas IV di MIN 1 Samarinda 49% dan 51% dikarenakan faktor lain. Hasil uji hipotesis pada product moment ialah 0,700 dan memiliki nilai interprestasi r kuat. Maka dapat dinyatakan Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap variabel minat belajar