dc.description.abstract | ABSTRAK
Indah Noviatul Muntaha, 2021, “Monitoring dan Evaluasi Kinerja Guru di Masa Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Jurusan Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Muhammad Nasir, M.Ag, selaku pembimbing I dan Dr. H. M. Kusasi, M.Pd, selaku pembimbing II.
Memonitoring dan mengevaluasi merupakan suatu proses memantau dan menilai kemaajuan serta keberhasilan suatu kegiatan pendidikan terutama pada kinerja guru yang dapat menunjang berjalannya proses pembelajaran baik di sekolah ataupun di luar sekolah pada masa covid-19. Memonitoring dan mengevaluasi kinerja guru seringkali tidak dilakukan oleh kepala sekolah padahal monitoring dan evaluasi agar memberikan pengawasan dan penilaian apakah yang kinerja guru telah sesuai dengan rencana yang dibuat dan mengidentifikasi masalah yang timbul dalam pelaksanaan program sekolah agar dapat diatasi. Tujuan dari penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan monitoring dan evaluasi kinerja guru pada masa pandemi covid 19 serta factor pendukung dan penghambat dalam menitoring dan evaluasi kinerja guru pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidayah Negeri 2 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah jenis kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Teknik pengumpulan data penelitian adalah menggunakan teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa monitoing dan evaluasi kinerja guru di masa pandemi covid 19 telaksana dengan baik, hal ini terlihat dari berberapa indikator: 1) perencanaan monev yang diawali melakukan sebuah rapat dinas yang melibatkan semua guru.dan membuatkan Jadwal dengan melakukan berbagai pertimbangan, 2) pelaksanaannya monitoring dan evaluasi kinerja guru itu sendiri yang berjalan secara efektif dan efisien, 3) melakukan pengarahan kinerja guru itu dan melakukan penilaian terhadap kinerja guru baik maupun buruk akan ditindak lanjut oleh kepala sekolah, faktor pendukung monev adalah semua sumber daya manuasia serta sarana dan prasarana yang ada disekolah, sedangkan faktor penghambat adalah waktu yang telah ditentukan oleh kepala sekolah tetapi dapat diganti oleh guru senior karena di masa pandemi jadi setiap guru mengirimkan laporan hasil kerja ke kepala sekolah melalui via online. | en_US |