Show simple item record

dc.contributor.authorKarlina, Lilis
dc.date.accessioned2022-02-23T07:08:29Z
dc.date.available2022-02-23T07:08:29Z
dc.date.issued2021-12-06
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1234
dc.description.abstractABSTRAK Lilis Karlina, 2021. —Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser||. Skripsi Jurusan Madrasah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Marniati Kadir, M.Pd dan Arsinah Sadar S.Ag., M.S.I. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana orang tua menjalani perannya dalam pelaksanaan pembelajaran dalam jaringan (daring) pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser di rumah. Pembelajaran daring dilaksanakan karena terjadinya penyebaran virus pandemi Covid-19 di Indonesia, terutama di wilayah Kabupaten Paser yang menyebabkan Sekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser melaksanakan pembelajaran secara daring. Dalam hal ini orang tua dituntut untuk lebih memperhatikan kegiatan belajar anak di rumah sebab orang tua harus menggantikan tugas guru dalam mengajarkan dan menyampaikan pembelajaran kepada anak. Dalam menjalankan peranannya orang tua merasakan permasalahan yang beragam seperti kesulitan memahami materi pelajaran hingga kesulitan memenuhi kebutuhan belajar yang memerlukan teknologi dan kuota internet yang berdampak kembali pada peran orang tua dalam pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran dalam jaringan (daring) pada siswa di Sekolah dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser serta kesulitan yang ada didalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Fokus penelitian pada penelitian ini yaitu peran orang tua dalam pembelajaran dalam jaringan (daring) pada siswa di Sekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser. Sumber data dalam penelitian ini yaitu orang tua siswa dan siswa Sekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menujukkan bahwa peran orang tua dalam pembelajaran dalam jaringan (daring) di Sekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser yaitu pertama mendidik dan mengajarkan pembelajaran kepada anak serta melakukan tukar pikiran; kedua, menyediakan dan memenuhi fasilitas kebutuhan belajar anak; ketiga, menasehati anak untuk tetap semangat dalam melaksanakan pembelajaran daring; keempat, mengarahkan serta mengatur kegiatan belajar anak dimasa pandemi. Kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring diSekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paser yaitu: pertama, latar belakang pendidikan yang mempengaruhi pengetahuan orang tua dalam mendidik dan mengarahkan kegiatan pembelajaran anak; kedua, tingkat ekonomi mempengaruhi kemampuan dan semangat orang tua dalam menyediakan dan memenuhi kebutuhan kegiatan belajar anak dimasa pandemi.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPeran, Orang Tua, Pembelajaran, Jaringan (Daring)en_US
dc.titlePeran Orang Tua dalam Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Pada Siswa di Sekolah Dasar Negeri 025 Pasir Belengkong Kabupaten Paseren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record