Tingkat Kesiapan Reakreditasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Andi Nur Kumalasari, 2019. Tingkat Kesiapan Reakreditasi di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd sebagai pembimbing I dan Juhairiah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang serta tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan reakreditasi karena untuk melakukan akreditasi sekolah membutuhkan persiapan dan proses yang panjang. Peneliti memilih sekolah tersebut karena merupakan salah satu sekolah yang akreditasinya sangat baik, dan berbicara tentang akreditasi maka tidak jauh dari masalah pemberkasan persiapan akreditasi, dan sekolat tersebut sangat tertib dalam administrasi, pemberkasan dan pengarsipan.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, dan penelitian lapangan (Field work research). Subjek dalam penelitian berjumlah 12 responden, meliputi kepala sekolah, tim akreditasi sekolah/ tim penjamin mutu sekolah, TU, dan bendahara sekolah. Untuk memperoleh data menggunakan teknik angket. Selanjutnya, untuk menjawab rumusan masalah penelitian, peneliti menganalisis dengan menggunakan rumus presentase P: F/N x 100% kemudian, untuk mengkomulatifkan semua hasil presentase tersebut digunakan rumus mean,
/ N
Analisis data yang dilakukan oleh peneliti, tentang kesiapan reakreditasi di SMPN 1 Samarinda secara keseluruhan, diperoleh nilai mean (rata-rata) sebesar 4,20 yakni kategori “siap”. Sedangkan untuk perstandar nasional pendidikan ialah standar pembiayaan 4.21 kategori sangat siap, standar Isi 4.03 kategori siap, standar proses 3.86 kategori siap, standar penilaian 4.05 kategori siap, standar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan 4.1 kategori siap, standar sarana dan prasarana 4.1 kategori siap, standar pengelolaan 3.58 kategori siap, dan standar kompetensi lulusan 3.98 kategori siap.