Penerapan Pembelajaran Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Ar-Rahmah Samarinda Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Ar-Rahmah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Muliyana, 1711306030. Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MI Ar-Rahmah Samarinda. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Samarinda. Penulisan skripsi ini dibimbingan oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag selaku pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang dari penelitian ini didasari tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, yang mengharuskan siswa dilarang berkumpul di sekolah, sementara proses pembelajaran harus tetap berjalan dengan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran bisa dilakukan secara daring dan juga luring untuk siswa yang tidak bisa terakses internet. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi Covid-19 di MI Ar-Rahmah Samarinda dan faktor pendukung serta penghambat dalam penerapan pembelajaran jarak jauh dihadapi oleh guru, dan siswa di MI Ar-Rahmah Samarinda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, orang tua. Sedangkan sumber data sekunder meliputi dokumen yang dimiliki guru seperti RPP. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan penerapan pembelajaran pembelajaran jarak jauh di MI Ar-Rahmah Samarinda dilakukan secara online dengan mengirimkan video pembelajaran di grup kelas whatsapp dan pembelajaran secara ofline dengan mendatangi rumah siswa akan tetapi hanya untuk mata pelajaran bahasa Arab dan Matematika sebab sulit untuk dimengerti ketika dilakukan secara online. Guru menggunakan RPP 1 lembar dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan media video pembelajaran dengan metode penyampaian materi dengan ceramah dan tanya jawab, dan evaluasi dengan memberikan penilaian pada tugas yang ada di LKS setelah pembelajaran. Faktor pendukung dalam penerapan pembelajaran jarak jauh di MI Ar-Rahmah Samarinda yaitu buku pelajaran/LKS, paket data internet, dan kerjasama guru dan orang tua. Kemudian faktor penghambat dalam penerapan pembelajaran yaitu sarana dan prasarana kurang memadai, kesulitan dalam memahami materi pelajaran, kurang memahami karakter anak, kurang kerjasama orang tua dalam tugas anak, dan anak kurang bersemangat dalam pembelajaran di rumah.