dc.description.abstract | ABSTRAK
Dewi Harnum Sari, 2021 “Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa dPi Kelas V Mi Al-Muna Samarinda”, skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Arsinah Sadar, S.Ag,M.Pd selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, variable dalam penelitian ini adalah perhatian orang tua (X) dan motivasi belajar (Y). populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlam 263 dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner/angket, observasi, dokumentasi. hasil dari pengumpulan data dianalisis menggunakan korelasi produck moment, Uji t (Uji hipotesis), dan regresi linier sederhana.
Hasil dari penelitian memnunjukan terdapat pengaruh yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa menunjukan hasil analisis data penelitian korelasi sebesar 0,958. Interpretasi nilai r termasuk diantara 0,80<r<0,958 berarti pengaruh perhatian orang tua dengan motivasi belajar siswa termasuk dalam kategori yang sangat kuat. Adapun uji t dangan sebesar 20,72. Jika dibandingkan dengan t table maka t hitung 20,72>t-tabel 2,02269 sehingga variable perhatian orang tua sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa. Perhitungan koofesien determinasi diperoleh nilai sebesar 91,7% sedangkan 8,3% dipengaruhi dari fakto-faktor luar. Peneliti mengetahui bahwa ada pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa dan dapat pula mengetahui seberapa besar pengaruh perhatian orang tua terhadap motviasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data peneliti bahwa pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di MI Al-Muna Samarinda tergolong sangat kuat. | en_US |