dc.description.abstract | ABSTRAK
Saputri Indalestari, 2021. “Pengaruh Kinerja Guru terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Masa Pandemi Covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda”.Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Marniati Kadir, M.Pd selaku dosen pembimbing I dan Ibu Amalia Nur Aini, M.Pd selaku dosen pembimbing II. Penelitian ini dilatar belakangi oleh observasi awal yang dilakukan peneliti, kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring karena adanya pandemi covid19. Guru faktor penentu keberhasilan untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan di sekolah dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Nahdlatul Ulama 003 Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 114 siswa dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan membuat angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari pengumpulan data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana, korelasi Product Moment, Uji t, dan koefisien determinasi.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dibuktikan dengan menggunakan hasil regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi 𝑌̂ = 5,084+0,964X, dan hasil uji korelasi product moment sebesar 0,976, yang berdasarkan table interprestasi nilai r menunjukkan angka tersebut berada pada skala 0,900 – 1,000 yang berarti korelasi antara kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada masa pandemi covid-19 di MI Ma’arif NU 003 Samarinda tergolong sangat kuat. Adapun hasil dari uji t dengan taraf signifikansi 0,05, didapatkan hasil t nilai thitung = 25,619 serta ttabel = 1,692. Karena thitung > ttabel maka terdapat pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa. R2 = 0,952 menunjukkan konstribusi yang diberikan oleh pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar siswa sebesar 95,2% dan 4,8% sumbangsih dari variabel lain. Dengan taraf signifikan 0,05 signifikan t hitung sebesar 0,000 < 0,05 dengan ini H0 ditolak Ha diterima. | en_US |