Show simple item record

dc.contributor.authorJatmikomiko, Prastyo Adhi
dc.date.accessioned2022-03-01T01:21:48Z
dc.date.available2022-03-01T01:21:48Z
dc.date.issued2021-11-25
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1251
dc.description.abstractABSTRAK Prastyo Adhi Jatmiko, 2021. “Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMK Muhammadiyah Loa Janan”. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UINSI Samarinda. Penulisan skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Dr. Siti Julaiha, S.Ag, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Arsinah, S.Ag, M.Si selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaiamana strategi pemasaran jasa pendidikan di SMK Muhammadiyah Loa Janan. Pemasaran jasa pendidikan yang di lakukan di SMK Muhammadiyah Loa Janan sendiri, dalam pelaksanaannya tidak lagi sosialisasi ke sekolah-sekolah secara tatap muka seperti yang telah di lakukan sebelumnuya, melainkan untuk 2 tahun terakhir ini SMK Muhammadiyah Loa Janan lebih menerapkan strategi pemasaran jasa pendidikan secara online yaitu dengan memaksimalkan pemanfaatkan media masa seperti Whatsapp, Facebook, Instagram, Website dan juga menyebar brosur ke sekolah-sekolah. Hal ini dilakukan sebagai langkah adaptasi di masa pandemic Covid-19. Adapun dalam implementasinya, SMK Muhammadiyah Loa Janan juga menggunakan strategi pendekatan pemasaran jasa pendidikan yaitu segmentation (segmentasi pasar), targeting (penentuan target pasar), dan positioning (penentuan posisi pasar). Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, sumber data dan subjek pada penelitian ini adalah para pengelola lembaga pendidikan, khususnya yang terlibat langsung dalam proses pemasaran lembaga pendidikan di SMK Muhammadiyah Loa Janan. Adapun yang menjadi informan bagi penulis adalah Kepala Sekolah, Waka Humas, Waka Kesiswaan dan Ketua Panitia PPDB dengan mengumpulkan informasi menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Analisis data menggunakan tiga teknik yaitu, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi pemasaran yang diterapkan di SMK Muhammadiyah Loa Janan menerapkan teori 6 unsur strategi pemasaran yaitu produk, harga, tempat, promosi, SDM (Sumber Daya Manusia) dan proses. Kemudin dalam pelaksanaan strategi pemasaran jasa pendidikan, SMK Muhammadiyah Loa Janan memiliki faktor pendukung diantaranya kinerja maksimal para aggota dan fasilitas yang cukup memadai, sedangkan untuk faktor penghambatnya yaitu saat ini adanya Covid-19. (2) dalam implementasinya, SMK Muhammadiyah Loa Janan menggunakan strategi pendekatan pemasaran jasa pendidikan yaitu segmentation (segmentasi pasar): segmen variabel georafis yaitu di daerah Loa Janan, targeting (penentuan target pasar): sekolah-sekolah di sekitar daerah Loa Janan, dan positioning (penentuan posisi pasar): sesuai dengan penentuan target pasar.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Pemasaran, Jasa, Pendidikanen_US
dc.titleStrategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMK Muhammadiyah Loa Jananen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record