Problematika Pembelajaran dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 003 Kecamatan Muara Pahu
Abstract
ABSTRAK
Ari Iswandi, 2021. “Problematika Pembelajaran dari Rumah pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 003 Kecamatan Muara Pahu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Suratman, M.Pd dan Abdul Razak, M.Pd.
Pelaksanaan pembelajaran offline/luring di SDN 003 Kec. Muara Pahu, guru, orang tua, peserta didik dihadapkan dengan kesulitan beradaptasi belajar mengajar di masa pandemi ini. Pembelajaran yang biasa dilaksanakan di sekolah sekarang dialihkan di rumah masing-masing di bawah pengawasan orang tua dengan sistem penugasan dari guru. Dari pelaksanaan pembelajaran tersebut orang tua sebagai pengawas belajar peserta didik di rumah merasa kesulitan mengkomodir kebutuhan peserta didik, kurang maksimalnya dalam membimbingdan mendampingi peserta didik ketika pembelajaran yang disebabkan oleh pekerjaan, pendidikan orang tua yang rendah dan orang tua kesulitan dalam mengawasi anak yang bersekolah lebih dari satu. Adapun tujuan dalam penelitian ini sebagai berikut; 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran dari rumah pada masa pandemi covid-19 di SDN 003 Muara Pahu. 2) Mengetahui permasalahan pembelajaran dari rumah pada masa pandemi covid-19. 3) mengetahui upaya apa yang dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran dari rumah pada masa pandemi covid-19 ini.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui tahapan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Taerakhir pengecekkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Dari analisis data diperoleh hasil penelitian pembelajaran di SDN 003 Muara Pahu dilaksanakan secara offline/luring dari rumah masing-masing melalui medote penugasan dari guru di bawah pengawasan orang tua. Adapun problematika yang terjadi selama pembelajaran offline yaitu kurangnya minat belajar peserta didik, peserta didik mengalami kejenuhan belajar, kurangnya peran orang tua ketika proses pembelajaran peserta didik, guru tidak bisa memberikan penjelasan materi secara langsung dengan peserta didik, dan guru kesulitan memberikaan penilaian murni. Sehingga cara yang dapat dilakukan untuk meminimalisir masalah-masalah yang terjadi dalam proses pembelajaran adalah guru dan orang tua saling bekerjasama dalam memimbing peserta didik serta terus melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran peserta didik agar setiap kesalahan yang terjadi dalam pembelajaran dapat diperbaiki.