dc.description.abstract | ABSTRAK
Nusratud Diniyah. 2019 Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Prestasi Siswa Bidang Non Akademik di SDN 007 Loa Janan Ilir. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Pendidikan Islam (PI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Much. Eka Mahmud, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Ity Rukiyah, M.Pd sebagai Pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah SDN 007 Loa Janan Ilir merupakan salah satu lembaga pendidikan Sekolah Dasar yang ada di Loa Janan Ilir, dan merupakan sekolah yang memberikan ruang dan kebebasan kepada siswanya untuk mengasah bakat yang dimiliki. Sejak lama, SDN 007 Loa Janan Ilir telah melaksanakan kegiatan – kegaiatan yang bersifat non akademik, bahkan jauh sebelum sekolah – sekolah yang ada di sekitarnya menerapkan kegiatan yang sama. Sehingga sekolah ini juga telah mandapat banyak prestasi, meskipun setiap tahun jumlah prestasi yang diperoleh tidak selalu sama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kesiswaan di SDN 007 Loa Janan Ilir, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan non akademik di SDN 007 Loa Janan Ilir.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan dua jenis sumber data yaitu sumber data primer dan sekunder. Dalam mengkaji keabsahan data, peneliti menggunakan 2 jenis triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan manajemen kesiswaan di SDN 007 Loa Janan Ilir masih terus berjalan. Kegiatan tersebut dilakukan oleh masing – masing pengampu kegiatan non akademik, kepala sekolah, dan seluruh guru di SDN 007 Loa Janan Ilir. Kegiatan manajemen kesiswaan yang dilakukan melalui empat tahap yaitu perencanaan program kegiatan, pengorganisasian program kegiatan, pelaksanaan program kegiatan, dan evaluasi. Adapun faktor pendukung pelaksanaan kegiatan non akademik berasal dari peran kepala sekolah dan kerja sama yang baik antar guru pengampu dan kepala sekolah, dan faktor penghambat pelaksanaan kegiatan non akademik berasal dari orang tua siswa dan siswa. | en_US |