Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT Cordova) Samarinda tahun ajaran 2018/2019.
Abstract
ABSTRAK
Putri Hardiyanti Puspa, 2019. “Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT Cordova) Samarinda tahun ajaran 2018/2019. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda”. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Zamroni, M.Pd dan Siti Nor Asiah, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan lembaga pendidikan SDIT Cordova Samarinda dengan penerapan gaya-gaya kepemimpinan yang dilakukan kepala sekolah dalam mengelola komponen-komponen lembaga pendidikan yang meliputi bidang peserta didik, kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan/keungan, humas, dan tata usaha di sekolah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan lembaga pendidikan di SDIT Cordova Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan dari data peneliti menggunakan triangulasi data. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah tahap pertama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian bertempat di SDIT Cordova Samarinda dengan narasumber Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, Waka Kesiswaan, Waka Kurikulum, penanggung jawab sarana dan prasarana, Guru, dan Staff Tata Usaha.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam pengelolaan lembaga pendidikan di SDIT Cordova Samarinda dominan menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan kharismatik dalam melakukan pengelolaan lembaga pendidikan, dengan menerapkan gaya kepemimpinan demokratis dan kharismatik pada saat mengelola tiap komponen bidang lembaga pendidikan meliputi bidang peserta didik, kurikulum, tenaga pendidik dan kependidikan, sarana dan prasarana, pembiayaan/keuangan, humas, dan tata usaha. Dengan menggunakan dua gaya kepemimpinan tersebut menyesuaikan situasi dan kondisi dari tiap bidangnya. Sehingga pengelolaan lembaga pendidikan di SDIT Cordova Samarinda yang dilakukan oleh kepala sekolah menggunakan gaya kepemimpinan demokratis dan kharismatik dapat terlaksana dengan baik dan terstruktur.