Penerapan PembelajPenerapan Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Islamic Center Samarindaaran Daring Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Islamic Center Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Risma Yanti, 2021,“Penerapan Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V SD Islamic Center Samarinda”. Skripsi program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr.Suratman, M.Pd sebagai pembimbing I dan Gianto, S.Pd, S. IPI, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang masalah penelitian ini diakibatkan dari proses penghentian kegiatan belajar mengajar yang di lakukan pemerintah akibat dari wabah covid-19 yang meningkat. Akibatnya pemerintah menghimbau untuk diterapkannya PSBB dan mengadakan proses pembelajaran jarak jauh secara daring. Pelaksanaan pembelajaran daring (dalam jaringan) yang diterapkan di SD Islamic Center dilakukan dengan berbagai macam metode, media e-learning. Salah satunya adalah edmodo, aplikasi ini digunakan sebagai media penghubung kegiatan proses belajar mengajar jarak jauh, yang berfungsing sebagai penyampaian materi, tugas dan assesmen bagi guru. Penerapan aplikasi edmodo sebagai media pembelajaran, serupa dengan objek penelitian. Adapun tujuan penelitian ini adalah pertama untuk menganalisis penerapan media edmodo. Kedua mengetahui kelebihan dan kelemahan media edmodo di SD Islamic Center.
Jenis penelitian adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala madrasah, guru, dan siswa di SD Islamic Center. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pengecekan keabsahan data, perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan triangulasi.
Berdasarkan penelitian mengenai penerapan pembelajaran daring berbasis edmodo di SD Islamic Center Samarinda yang melibatkan informan guru kelas V dan kepala sekolah. Didapatkan hasil sebagai berikut: Penerapan aplikasi edmodo dalam pembelajaran IPA di SD Islamic Center meliputi langkah-langkah: a. Membuat Akun, b. Memberikan tugas, c. Materi yang ada di edmodo, d. Cara memperoleh materi, e. Cara mengerjakan, f. Cara melakukan penilaian, dan g. Cara guru melakukan bimbingan penggunaan media edmodo dalam kegiatan proses belajar mengajar. Kelebihan media edmodo yaitu mampu mengembangkan daya pikir siswa, memperjelas materi, memberikan motivasi untuk siswa belajar, dan menjadikan siswa yang kreatif. Sedangkan, kelemahan media edmodo adalah jaringan internet yang tidak stabil dan pengaruh siswa dirumah.