Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Tematik di SDI Al-Azhar 47 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Wahyuni Oktavia, 2022. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Tematik di SDI Al-Azhar 47 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Mujahidah, S.Ag, S.Psi, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M. Pd selaku dosen pembimbing II.
Pada masa covid-19 pembelajaran harus tetap dilaksanakan untuk menunjang proses pendidikan maka dalam pembelajaran online menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Awalnya SDI Al-Azhar 47 Samarinda memilih untuk menggunakan whatsapp dan google classrom. Namun adanya kendala dialami saat proses pembelajaran mengakibatkan penurunan minat belajar siswa. Untuk itu upaya meningkatkan minat belajar peserta didik dengan beralih menggunakan aplikasi zoom cloud meeting saat pembelajaran. Adanya minat belajar tentu saja ada factor yang mempengaruhinya yaitu internal dan faktor eksternal. Salah satu factor eksternal dalam minat belajar ialah penggunaan aplikasi zoom cloud meeting. Berdasarkan observasi peserta didik merasa bersemangat saat mengikuti pembelajaran dengan aplikasi zoom cloud meeting Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh penggunaan aplikasi zoom cloud meeting terhadap minat belajar siswa kelas V pada mata peajaran tematik di SDI AlAzhar 47 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi dan sampel total sampling dengan jumlah 32 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, uji t, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa dari uji hipotesis pada product moment ialah 0,505 dan memiliki interprestasi nilai r cukup berpengaruh. Hasil uji t diperoleh thitung 3,204 > ttabel1,697 maka H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti dapat disimpulkan bahwa variabel penggunaan aplikasi zoom cloud meeting berpengaruh signifikan terhadap variabel minat belajar. Sedangkan untuk sumbangan koefisien determinasi 25% dan 75% dipengaruhi oleh variabel lainnya.