dc.description.abstract | ABSTRAK
Nurlaila Rosyidah, 2021 “Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di MA Ma’arif NU 1 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pelaksanaan penelitian ini di bawah bimbingan bapak Rusdi, M.SI dan bapak Fathur Rahman, S.Si., M.Si.
Penelitian ini dilatar belakangi pada tingkat kedisiplinan siswa yang berbeda dan terbilang mencolok, dimana terdapat beberapa siswa yang abai pada pembelajaran terutama dalam hal terkait kehadiran dan pengerjaan tugas sekolah. Kedisplinan siswa merupakan hal yang krusial dalam keberhasilan pembelajaran. Siswa disiplin akan berpengaruh pada kesuksesan belajar. Di saat pandemi ini, kedisplinan terkadang menurun secara signifikan. Penyebab rendahnya kedisplinan tersebut adalah pola baru pembelajaran online yang tidak biasa dengan apa yang selama ini dijalani oleh siswa.Selain itu, terdapat masalah pada pelajaran al-Qur’an Hadis, dimana terdapat siswa yang tidak memahami isi pelajaran tersebut sehingga mempengaruhi hasil belajar mereka. Hal ini disebabkan perubahan pola pembelajaran saat masa pandemi. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui seberapa besar pengaruh kedisiplinan siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur’an Hadis di MA Ma’arif NU 1 Samarinda.
Penelitian ini berjenis kuantitatif deskriptif dengan menyebarkan angket pada 54 siswa yang menjadi sampel. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan kuesioner (angket), dan rumus regresi linier sederhana sebagai teknik untuk menganalisis data.
Diperoleh hasil penelitian dari persamaan regresi sebesar Ŷ = 77,664 + 0,146 X, uji hipotesis dengan uji t menghasilkan nilai sig 0,043 < 0,05, dan nilai 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 2,075 > 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 2,007, maka dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alQur’an Hadis di MA Ma’arif NU 1 Samarinda. Disiplin yang baik tentunya berpengaruh baik terhadap hasil dari pembelajaran siswa. | en_US |