Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Satry terhadap hasil belajar siswa tematik siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Nurfina, 2022, “Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Satry terhadap hasil belajar siswa tematik siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Sullamul Hidayah Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Pendidikan Madrasah, Fakultas Tarbiayah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Khairul Saleh, M. Ag selaku pembimbing I dan Rabiatul Adawiyah, M.Pd. selaku pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar IPS siswa yang masih rendah. Pada pembelajaran IPS ditemukan masalah, yaitu siswa mengalami kejenuhan dan kurang termotivasi saat mengikuti pembelajaran, hal ini karena mereka hanya mendengar penjelasan dari guru secara langsung, sehingga siswa kurang aktif dan tidak menyerap secara maksimal pembelajaran yang disampaikan oleh guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah dan tidak memenuhi ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah, Sebagaimana hasil wawancara dengan ibu Nisa disekolah MI Sullamul Hidayah Samarinda yang menyatakan bahwa kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah yang berpusat pada guru. Berdasarkan hal tersebut model Two Stay Two Stray perlu diterapkan dalam proses pembelajaran agar membuat siswa lebih aktif dan mudah dalam memahami pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV MI Sullamul Hidayah Samrinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksprimen dengan desain penelitian pretest-posttest control Group Design. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Sullamul Hidayah Samrinda. Dan sampelnya adalah kelas IV A yang berjumlah 35 siswa dan kelas IV B yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini mengunakan independent Sampel T-test sebagai pembuktian hipotesis dan N Gain.
Hasil penelitian menujukan terdapat pengaruh model pembelajaran TSTS dalam hasil belajar. Hal ini didasarkan hasil belajar IPS, siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray memiliki nilai postest rata-rata sebesar 89,57 dan siswa yang diajarkan mengguanakan metode ceramah dengan memiliki nilai posttest rata-rata sebesar 68,93. Hasil dari uji T adalah 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dan Hasil dari N-Gain score kelas yang menggunakan model Two Stay Two Stray sebesar 0,50 (sedang) dan kelas yang menggunakan metode ceramah sebesar 0,25 (rendah). Maka dapat disimpulkan bahwa menggunakan model Two Stay Two Stray sangat berpengaruh untuk hasil belajar siswa, sedangkan uji T menujukan nilai 0,000 < 0,05 sehingga HO ditolak dan Ha diterima maka dari itu terdapat pengaruh Model pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV MI Sullamul Hidayah Samarinda.