dc.description.abstract | ABSTRAK
Monalisa Indah Malasima, 2022. “Problematika Tenaga Kependidikan Dalam Meningkatkan Pelayanan di MA Subulussalam Kutai Barat”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. H. M. Kusasi, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah MA Subulussalam Kutai Barat merupakan sekolah yang berbasis islam yang mampu memiliki akreditasi B namun pada nyatanya sekolah tersebut memiliki kendala pada bagian tenaga kependidikan sekolah, seperti kurangnya sumber tenaga tata usaha yang berdampak pada keterlambatan beberapa pekerjaan, kurangnya kedisplinan dalam bekerja dan kemampuan pembawaan yang belum maksimal sehingga hal tersebut sangat berpengaruh keseluruh sistem tenaga tata usaha yang ada. Maka hal tersebut dapat cari solusinya terhadap kinerja tenaga kependidikan yang tengah dihadapi yaitu dengan cara meningkatkan kualitas tenaga tata usaha sekolah untuk kedepannya agar tercapai dengan baik. Tugas tata usaha sekolah adalah melaksanakan kegiatan administrasi pengelolaan, pengembangan, pengawasan dan pelayanan teknis untuk mewujudkan proses pendidikan. Adapun ruang lingkup ketatausahaan meliputi bidang kepegawaian, keuangan, sarana prasarana, hubungan sekolah dengan masyarakat, persuratan dan pengarsipan, kesiswaan, kurikulum, kebersihan dan keamanan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Sumber data serta subjek penelitian ini adalah tenaga kependidikan yang ada di MA Subulussalam Kutai Barat, yang menjadi narasumber bagi peneliti adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru dan Tenaga Tata Usaha. Analisis data menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja tenaga kependidikan yang pertama adalah mulai dari pembinaan kedisiplinan tenaga kependidikan oleh kepala sekolah telah dijalankan seperti kepala sekolah sering mensupervisi dan mengingatkan kepada tenaga kependidikan dan staf lainnya untuk datang tepat waktu. Kedua adalah kecepatan dan ketepatan kerjanya kepala sekolah sudah mensupervisi pegawai yang bekerja. Ketiga adalah pelayanan tenaga kependidikan mengalami pelayanan kurang maksimal dan kurang professional. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan kinerja tenaga kependidikan yaitu tingginya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang terjalin di lingkungan sekolah,
tingginya komitmen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu sekolah, kemampuan yang dapat dikembangkan dan motivasi maupun dukungan kerja tenaga kependidikan. Sedangkan faktor penghambat dikarenakan jumlah tenaga kependidikan yang belum mencukupi, manajemen waktu yang menyebabkan beberapa tugas yang tidak termanajemen dengan baik, kemampuan pembawaan yang belum maksimal dan lingkungan tempat kerja yang tidak sesuai membuat kurangnya kenyamanan tenaga kependidikan. | en_US |