dc.description.abstract | ABSTRAK
Alya Fadila, 2022. “Perbandingan Minat Belajar Siswa Antara Sistem Pembelajaran Luring dan Daring di Kelas V SDI Al-Azhar 47 Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Lina Revilla Malik, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Abdul Razak, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Sistem pembelajaran luring dan daring yang diterapkan di beberapa sekolah selama terjadinya pandemi covid-19 menimbulkan adanya perbedaan minat belajar siswa. Karena itu minat belajar siswa dalam pembelajaran luring dan daring harus dibandingkan guna mengukur efektivitas sistem pembelajaran yang tepat. Namun, karena banyaknya kendala yang dialami saat proses pembelajaran daring mengakibatkan penurunan minat belajar pada siswa. Sedangkan, tinggi rendahnya minat siswa merupakan salah satu faktor yang menentukan hasil belajar siswa. Karena itu, minat belajar siswa merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan. Adapun tujuan penelitian ini ialah guna mengetahui perbandingan minat belajar siswa antara sistem pembelajaran luring dan daring di kelas V SDI Al-Azhar 47 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif, dengan populasi dan sampel total sampling dengan jumlah 32 responden. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji realibilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis menunjukkan bahwa dari uji hipotesis pada uji t ialah t_hitung -2,095 < t_tabel -1,697, maka dapat disimpulkan bahwa H_o ditolak yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat siswa yang menggunakan sistem daring dan siswa yang menggunakan sistem luring. | en_US |