Show simple item record

dc.contributor.authorFadillah, Rizky
dc.date.accessioned2022-05-31T02:05:26Z
dc.date.available2022-05-31T02:05:26Z
dc.date.issued2021-12-17
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/1316
dc.description.abstractABSTRAK Rizky Fadillah, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi di MI Maarif NU 003 Samarinda. Skripsi, Samarinda : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris samarinda, Di bawah Bimbingan Dr. Khojir M.Si sebagai pembimbing I dan Dr. H. Muhammad Kusasi M.Pd. selaku pembimbing II. Latar belakang penelitian adalah MI Ma’arif NU 003 Samarinda berupaya untuk meningkatkan kinerja guru demi menghasilkan suatu proses pembelajaran yang efektif dan efisien.Kepala sekolah berusaha meningkatkan kinerja guru berdasarkan unsur perencanaan pembelajaran, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, lingkungan belajar, pengembangan profesional, dan komunikasi pembelajaran. Oleh sebab itu tidak heran jika guru-guru di MI Ma’arif NU 003 Samarinda selalu bekerja dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, kemudian pelaksanaan dari strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, dan yang terakhir ialah untuk mengetahui bagaimana pengambilan keputusan dari strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan model interaktif Miles and Hubberman yakni kondensasi data, penyajian data,verivikasi dan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian yaitu strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Ma”arif NU 003 Samarinda yaitu: 1). Kepala sekolah membuat perencanaan berdasarkan unsur kinerja guru yaitu seperti perencanaan pelatihanpelatihan, perencanaan alat penunjang pembelajaran, pemberian reword. 2). Melaksanakan pelaksanaan dari perencanaan yang telah dibuat seperti pelaksanaan pelatihan pembuatan RPP, Silabus, dan skenario pembelajaran kemudian pengadaan alat penunjang pembelajaran guna memenuhi lingkungan belajar anak, kemudian pemberian reward dalam rangka pengembangan profesional guru 3). Pengambilan keputusan yang selalu melibatkan guru-guru yang berguna untuk tranfaran nya suatu strategi yang akan dibuat oleh kepala sekolah tersebut, pengambil keputusan yang dilakukan secara musyawarah atau mengikuti suara terbanyak.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectStrategi, Kepala Sekolah, Kinerja, Guruen_US
dc.titleStrategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Masa Pandemi di MI Maarif NU 003 Samarindaen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record